Peraih Medali Emas IMO 2013 Diganjar Beasiswa Hingga S3

olimpiade matematikaPenakita  | JAKARTA - Kerja keras tim Indonesia di ajang Olimpiade Matematika Internasional 2013 membuahkan apresiasi pemerintah. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pemerintah menganugerahkan beasiswa bagi semua peraih medali yang sukses di pentas International Mathematical Olympiad (IMO) di Santa Marta Kolombia beberapa waktu lalu.

Stephen Sanjaya yang meraih medali emas di ajang IMO 2013 dipastikan mendapat beasiswa hingga jenjang S3. “Beasiswa S3 ini diberikan baik untuk perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Harris Iskandar, Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud.

Selain itu, peraih medali perak mendapat beasiswa hingga S2, sedang beasiswa di jenjang S1 bagi peraih medali perunggu. Seperti juga untuk peraih medali emas, beasiswa bagi peraih medali perak dan perunggu ini juga berlaku untuk perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Mantan Sekretaris Ditjen Pendidikan Tinggi itu lalu mencontohkan peraih medali emas olimpiade biologi internasional Rhogerry Deshycka yang telah diterima di Departemen Biologi, Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat, akan dibiayai dengan beasiswa Kemendikbud. Hal yang sama berlaku bagi Stephen Sanjaya yang sudah diterima di program studi Ilmu Matematika di National University of Singapore.

Sebagaimana diberitakan, Tim Indonesia sukses meraih medali emas di Olimpiade Matematika Internasional. Tak tanggung-tanggung, Tim Indonesia sukses membawa pulang enam medali. Selain medali emas yang diperoleh Stephen Sanjaya (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta), medali perak diraih Fransisca Susan (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta), dan medali perunggu diraih Bivan Alzacky Harmanto (SMA Labschool Jakarta), Gede Bagus Bayu Pentium (SMA Semesta Semarang), Reza Wahyu Kumara (SMAN Sragen BBS), dan Kevin Christian Wibisono (SMAK IPEKA Puri Indah Jakarta).

Prestasi membanggakan ini otomatis menempatkan Indonesia di posisi 19 dari 97 negara peserta. Mengalahkan negara-negara di benua Eropa seperti Italia (20), Perancis (21), Belanda (25), dan Jerman (27). Hasil ini jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu, yang berada di posisi 35 dari 100 negara. dde