banner 468x60

Perbanyak Latihan Soal Kunci Sukses UN

350 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | JAKARTA – Belajar dengan menghafal materi saja tidak cukup ampuh untuk menaklukkan soal ujian nasional (UN) yang nanti diujikan. Untuk itu, tidak ada pilihan bagi siswa yang bakal menghadapi saat-saat menentukan itu kecuali memperbanyak latihan soal.

Siswa sebaiknya sering berlatih soal sesuai kisi-kisi UN yang ada sehingga memudahkan saat menjawab soal pada ujian sebenarnya. “Banyak medianya bisa lewat buku kumpulan latihan soal atau lewat portal yang menawarkan latihan soal UN atau dari bimbel juga bisa,” kata Saufi Sauniwati, pemerhati pendidikan memberi masukan bagi siswa yang tengah harap-harap cemas menjelang UN.

“Yang terpenting, pilih buku kumpulan soal atau portal yang sesuai kisi-kisi UN resmi dan bisa digunakan untuk mengukur kemampuan dari jawaban soal yang ada,” begitu sarannya.

Saufi menjelaskan bahwa makin banyak melakukan latihan soal jelang ujian itu terbukti mampu meningkatkan jembatan memori dalam otak. Artinya, makin sering seorang siswa berlatih soal UN maka ingatan tentang soal UN dan cara menjawabnya juga bagaimana menganalisa kesalahannya akan terbentuk.

Tidak hanya itu, latihan soal ini juga bermanfaat bagi para guru. Pasalnya, guru dapat memetakan nilai siswa dan fokus pada siswa yang masih tertinggal.

Latihan soal ini juga bisa dipergunakan untuk memprediksi angka kelulusan sebuah sekolah, mengevaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), membuat strategi pembelajaran baru bagi siswa, serta dapat digunakan untuk orangtua untuk memprediksi kemampuan anak. dde/kps

author