banner 468x60

Perpustakaan Umum Kota Surabaya Terbaik se-Indonesia

519 views
iklan

perpustakaan kota SurabayaPenakita | SURABAYA – Perpustakaan Umum Kota Surabaya dinobatkan sebagai Perpustakaan Terbaik dalam Lomba Perpustakaan Kabupaten/Kota tingkat Nasional 2013. Sukses ini otomatis membuat Perpustakaan Surabaya. Kompetisi yang berlangsung sejak 27-29 Oktober 2013 itu diikuti 33 Perpustakaan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Penilaian lomba berdasarkan kelengkapan sarana dan prasana perpustakaan serta upaya promosi dan edukasi pihak perpustakaan kepada masyarakat untuk mengenal perpustakaan. “Proses seleksinya kami meminta provinsi untuk menilai perpustakaan kabupaten/kota yang layak mengikuti lomba tersebut. “Lalu dilakukan kunjungan oleh para dewan juri ke kabupaten/ kota. Setelah itu peserta diminta presentasi di depan dewan juri,” beber Woro Titi Haryanti, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan.

Menurut Woro, lomba yang rutin dilakukan setiap tahun sejak tahun 2000 itu untuk memotivasi perpustakaan daerah agar meningkatkan kinerjanya dan memacu perpustakaan daerah untuk saling belajar dari perpustakaan lain. Disamping lomba perpustakaan umum tingkat kabupaten/kota, Perpustakaan Nasional juga mengadakan lomba bercerita bagi siswa-siswi SD.

Para peserta merupakan siswa-siswi SD kelas 4 hingga kelas 6. Sebanyak 33 peserta terbaik mewakili 33 provinsi berkompetisi dalam lomba bercerita tersebut. Adapun yang terpilih sebagai Juara 1 adalah Adinda Hasiseh Indriansyah (Kalimantan Timur) yang membawakan cerita Legenda Danau Lipan.

“Perlombaan ini bertujuan mempromosikan minat baca kepada masyarakat terutama para siswa-siswi SD. Tujuan lain yaitu memotivasi, dan mengembangkan minat baca kepada para siswa. Kalau mereka bercerita tentu saja harus membaca buku, harus mengerti, menghayati, dan referensinya pun hingga beberapa buku sebagai pengayaannya,” ujarnya.

Untuk Lomba Perpustakaan Umum, selain Perpustakaan Umum Kota Surabaya yang meraih Juara 1 untuk kluster A, yang keluar sebagai Juara I kluster B dan kluster C, berturut-turut adalah kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan dan kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. dde

author