banner 468x60

Persiapan UN, Siswa SMALB Jalani Pembinaan Khusus

456 views
iklan

SMALB 11Penakita | SURABAYA – Jelang pelaksanaan ujian nasional (UN) 2013, persiapan akademis dan mental tidak saja dilakukan oleh para siswa sekolah reguler, tetapi juga oleh para siswa berkebutuhan khusus (SBK), khususnya di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Karya Mulia Surabaya.

Persiapan yang dilakukan berupa pembinaan khusus dan penambahan jam pelajaran sepulang sekolah. Pembinaan dan penambahan jam pelajaran itu tidak dapat diselenggarakan terlalu lama, hanya satu jam saja. Sebab, mengingat kondisi keterbatasan siswa yang juga tidak boleh terlalu capek fisiknya.

“Selain pembinaan di sekolah, kami juga selalu menghimbau kepada orang tua siswa, untuk memberikan semangat belajar kepada anak-anaknya. Harapannya agar siswa lebih termotivasi dan konsentrasi belajarnya meningkat,” tutur Slamet Riyanto, Kepala SMALB Karya Mulia Surabaya kepada PENAKITA.com, Kamis (7/3/2013).

Selain pembinaan dan penambahan jam pelajaran, try out juga dilaksanakan. Hingga saat ini, kata Slamet, sudah dua kali try out dilakukan. “Nanti yang ketiga kalinya pada 9 Maret mendatang,” kata Slamet.

Materi pelajaran dan kisi-kisi materi UN yang diberikan kepada para SBK ini juga berbeda dengan yang diberikan kepada siswa normal di sekolah reguler. Tingkat kesulitan materinya lebih rendah dibandingkan dengan materi khusus siswa normal. Dalam berkomunikasi, mereka menggunakan bahasa isyarat dan oral.

“Salah satunya berkenaan dengan kosakata. Materi-materi yang diberikan, kosakatanya tidak terlalu sulit. Sebab, perbendaharaan kata mereka juga minim sekali. Bergantung tingkat ketunaan atau ketulian mereka. Mereka yang tuna rungu ini lebih mengandalkan kemampuan mata, dan oral mereka,” ungkap Slamet. ika

author