Peserta Lomba Foto Anak Dibatasi Kirim 5 Karya

Ilustrasi Lomba Foto Anak & Story Telling 2014

Ilustrasi Lomba Foto Anak & Story Telling 2014

Penakita | SURABAYA – Peserta Lomba Foto Anak yang digelar Penakita dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hanya diberi kesempatan mengirimkan maksimal lima buah karya fotonya. Catatan lain yang diberikan panitia, untuk format foto adalah JPG dengan panjang pixel sisi terpanjang minimal 2000px resolusi 300dpi.

“Adapun volume file maksimal 3Mb dan meta-data (EXIF) file tidak boleh hilang,” demikian tegas Masich Prasetyo, Ketua Panitia Lomba Foto Anak & Story Telling 2014.

Hal lain yang perlu diperhatikan, lanjut pria yang akrab disapa Pras ini, adalah penamaan file foto. Agar juri mudah menyeleksi karya-karya yang masuk, peserta wajib memperhatikan cara penamaan file foto sebagai berikut: NAMA_JUDULFOTO_KOTA_#nomerfoto, contoh : PAIJO_TERIMAKASIH KAKAK_ACEH_#3.

“Editing yang diperbolehkan sebatas perbaikan gelap atau terang, dogde/burn dan cropping maksimal 30 persen, tanpa merubah keaslian foto,” papar Pras.

Ditambahkan pula, karya foto hanya berupa Foto Warna, tidak diperkenankan foto hitam putih, infra red dan fals color. Karya Foto yang diikutsertakan dibuat antara tahun 2011 sampai 2014. “Dan tidak diperkenankan adanya watermark, label, nama, logo, frame dan sejenisnya didalam bidang foto, serta dilarang menambah atau mengurangi elemen visual dalam foto,” tandasnya.

Informasi selengkapnya bisa diperoleh dengan mengklik poster di sisi kanan website resmi www.PENAKITA.com. Bagi peserta yang sudah siap, bisa mengirim karya foto beserta formulir ke email : lombafoto.penakita@gmail.com paling lambat pada tanggal 10 November 2014 pukul 23:59. ari