banner 468x60

Petrokimia Gresik Tingkatkan Kualitas Guru PAUD

485 views
iklan
Guru PAUD di Gresik mendapat pelatihan ari Indonesia Heritage Faundation (IHF) Jakarta

Guru PAUD di Gresik mendapat pelatihan dari Indonesia Heritage Faundation (IHF) Jakarta

Penakita | GRESIK – PT Petrokimia Gresik (PKG) mengalokasikan dana sebesar Rp 468 juta untuk peningkatan kualitas guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dana itu selanjutnya dimanfaatkan untuk beberapa jenis kegiatan pelatihan guru PAUD di sekitar PKG.

“Dana ini memang disediakan untuk masyarakat sekitar perusahaan, seperti Kecamatan Gresik, Kecamatan Kebomas dan Kecamatan Manyar. Mudah-mudahan bisa ke seluruh guru PAUD se Kabupaten Gresik dan Kabupaten lain,” demikian kata Nugroho, Direktur Produksi PT PKG dalam acara pembukaan kegiatan pelatihan bagi guru PAUD di Gedung Departemen Diklat PT PKG Jl M Yamin, Kecamatan Kebomas, Gresik, Senin (2/12/2013).

Dalam kesempatan itu sebanyak 50 tenaga pendidik PAUD mendapat tambahan wawasan dari Indonesia Heritage Faundation (IHF) Jakarta. Ditambahkan Nugroho, guru PAUD merupakan sosok yang memberikan pondasi awal dalam jenjang pendidikan sejak dini ke anak-anak.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru PAUD sehingga proses belajar mengajar dapat meningkat kualitasnya,” ungkapnya.

Adapun materi pelatihan yang diberikan antara lain budi pekerja, mengasah ketrampilan otak dan mengasah bakat serta minat siswa. “Sesuai Undang-undang Sisdiknas Nomor 20, Tahun 2003, anak usia dini yang dimaksud adalah anak yang berumur 0 sampai 6 tahun. Masa-masa ini yang menjadi pondasi dasar bagi anak untuk mengenal lingkungan, mengenal bakat dan ketrampilan anak. PKG sangat memperhatikan pendidikan anak usia dini sampai perguruan tiggi,” cetusnya.

Sementara itu, kegiatan pelatihan tersebut mendapat respons positif dari para guru PAUD. Pengetahuan yang diperoleh selama kegiatan pelatihan memberi tambahan wawasan bagi mereka yang selama ini hanya belajar dari bangku kuliah.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru PAUD, sebab guru mendapatkan pengetahuan baru untuk mendidik anak usia dini. Karena kebanyakan guru PAUD hanya belajar dari bangku kuliah dan belajar sendiri-sendiri,” ucap Lilik Kurniasih, guru Kelompok Bermain Al Walidah, Kelurahan Pekelingan, Kecamatan Gresik. adi

author