banner 468x60

Petualangan Doraemon di Instrumen Rahasia Museum

450 views
iklan

Penakita | JEPANG – Sosok kucing robot yang punya kantong ajaib dan bisa terbang ini pasti tak asing di kalangan anak-anak maupun orang dewasa di seluruh penjuru dunia. Kucing serba bisa yang selalu siap membantu dan mengabdi pada Nobita Nobi itu akan hadir dan kembali berpetualang di film terbarunya.

Di film animasi berjudul Instrumen Rahasia Museum itu Doraemon akan melalang buana ke negeri antah berantahnya. Menariknya, meski lahir sebagai komik di Jepang, namun ini untuk pertama kalinya Doraemon versi film hadir dalam pemutaran perdana.

Film Instrumen Rahasia Museum akan tayang pada 9 Maret mendatang. Karcis tontonan gratis akan dibagikan sekolah bahasa Jepang Pandan College khususnya bagi peserta Homestay ke Jepang yang mendataftar sampai tanggal 9 Februari 2013.

Kucing karya Fujiko F Fujio itu diluncurkan sejak Desember 1969 lewat 1.344 cerita. Doraemon diterbitkan pada enam majalah saat itu oleh Shogakukan dengan brand manga Tentomushi dalam 45 volume. Semua volume itu dikumpulkan oleh Takaoka Central Library di Toyama, Jepang di tempat Fujiko Fujio lahir.

Lalu Ted Turner membeli hak seri Doraemon pertengahan tahun 1980-an untuk bahasa Inggris. Namun dibatalkan di tengah jalan tanpa penjelasan. Filmnya yang bahasa Inggris, Doraemon: Nobita’s Dinosaur 2006, film yang ke-26 saat franchise tersbeut, sempat diputar di Washington bulan November 2008.

Doraemon Dapat Award dari Asosiasu Kartunis Jepang tahun 1973 dan sebagai Duta Besar Anime Jepang bulan Maret 2008, diputuskan oleh Kementerian Luar Negeri Jepang. Dan majalah Time Asia menobatkan Doraemon sebagai Hero Asia tahun 2002.

author