banner 468x60

Pilih Susu Instan untuk Anak, Awas Tercemar Bakteri!

468 views
iklan

susu instanPenakita | CHINA – Seperti produk kemasan lain, kasus susu formula tercemar bakteri seringkali terjadi. Salah satunya kasus yang terjadi di China beberapa bulan lalu. Dalam sebuah laporan, beberapa produk susu setempat terpaksa harus ditarik dari pasaran karena diduga tercemar bakteri berbahaya, yang bisa mengancam kesehatan anak.

Susu, bisa jadi makanan paling dibutuhkan anak, terutama di awal pertumbuhan mereka. Tapi berbeda dengan ASI, beberapa orang lebih memilih susu instan untuk anak mereka karena berbagai alasan. Jika dilakukan kurang berhati-hati, hal ini bisa berdampak buruk pada perkembangan si buah hati.

Bagi masyarakat modern, kebutuhan susu formula sering dipilih karena penyajiannya yang mudah dan dapat dijumpai di beberapa pasar modern. Sayangnya hal ini dimanfaatkan oprodusen kurang bertanggung jawab untuk mengeruk banyak keuntungan.

Kasus susu formula berbahaya sempat menggegerkan di China tahun lalu. Dalam sebuah laporan, perusahaan susu formula terbesar Inner Mongolia Yili Industrial Group Co, dilaporkan terkontaminasi bakteri berbahaya. Dampaknya, bukan hanya kesehatan, bahan berbahaya ini juga mengancam nyawa bayi yang meminumnya.

Dalam kasus di China, Ubest, ditengarai tercemar bakteri jahat. Temuan ini berawal dari seorang pelanggan yang berkeluh secara online, soal cairan berbau yang mengubah warna karton kemasan.  Kejadian ini tentu menjadi yang terburuk setelah tahun 2008 produk susu formula di China menewaskan sedikitnya enam anak dan membuat hampir 300.000 lainnya sakit.

Dari berbagai kasus tersebut, banyak pihak dan peneliti menyarankan untuk kembali ke konsumsi susu alami. Produk instan selalu membawa hal positif baru, namun tak sedikit diantaranya juga membawa serta masalah baru yang berdampak buruk pada manusia, terutama anak. Karena konsumsi susu anak lebih besar ketimbang orang dewasa. adi

author