banner 468x60

Ponsel China Makin Mengancam Pasar Telekomunikasi Dunia

436 views
iklan
Salah satu ponsel buatan China yang bakal meramaikan industri telekomunikasi dunia

Salah satu ponsel buatan China yang bakal meramaikan industri telekomunikasi dunia

Penakita | SURABAYA – Belum selesai pertikaian antara Samsung dan Apple, kini keduanya harus menghadapi ancaman serius dari produsen telekomunikasi di Negara Asia lain, yakni China. Dalam ajang pameran teknologi terbesar dunia di Barcelona, Spanyol, beberapa produk telepon seluler (ponsel) Negeri Tirai Bambu ini diperkenalkan dengan kelebihan yang tak kalah mentereng.

Tak cuma satu, dari China ada tiga produsen besar perangkat ponsel pintar, yakni Huawei, ZTE dan Lenovo. Tak kalah dengan Samsung dan Apple, ketiganya menawarkan produk dengan spesifikasi layar besar, model canggih, teknologi terdepan serta haraga murah.

Ketiga produsen ini mampu menarik perhatian dengan berbagai produknya yang seakan membuat orang sejenak lupa dominasi perangkat ponsel pintar Samsung dan Apple. Dalam ajang yang diadakan pada 25-28 Februari ini, Apple masih tak ikut ambil bagian.

Sementara itu, Samsung dalam gelaran akbar ini menjadi salah satu peserta dari 1500 tenant yang memeriahkan acara ini. Meski diprediksi akan memperkenalkan berbagai produk revolusionernya, namun diperkirakan perusahaan asal Korea Selatan ini masih belum akan mengumumkan produk terbaru mereka, Galaxy S4.

Persaingan ini diperkirakan konsultan global, Deloitte akan mendorong penjualan produk telepon genggam global sampai angka satu miliar.

Menurut lembaga riset, Strategy Analytics, sampai akhir tahun 2012, Samsung menguasai 29 persen, dan Appel (22 persen). Sementara untuk tiga produk asal China, masing masing Huawei (5,3 persen), ZTE (4,7 persen), dan Lenovo (4,4 persen).

Jumlah ini diperkirakan akan berubah tahun ini. Terutama peningkatan pada penjualan produk asal China “Ratusan juta warga Afrika dan India serta Asia berharap punya telepon pintar dan sejauh ini penghalangnya adalah harga,” kata Rehle.  adi

author