PPDB Kota Surabaya Dibagi 5 Wilayah

IkhsanPenakita | SURABAYA - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya bakal melakukan sosialasi terkait sistem baru dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2013-2014. Sosialisasi itu khususnya dilakukan kepada kepala sekolah eks RSBI tersebut.

Mengenai tim pelaksana pengadaan soal Tes Potensi Akademik (TPA), menurut Ikhsan, Kepala Dindik Surabaya, nantinya akan dibuat dan direview tim ahli Himpunan Sarjana Psikologi Jawa Timur.

“Mengenai tim perumusnya masih kami proses. Tapi, kami segera mengunggah contoh soal ke ppdb online. Sehingga bisa jadi bahan pembelajaran dan pengenalan bagi siswa sebelum mengikuti tes,” tutur Ikhsan.

Sedang bentuk prosentase masing-masing tes, lanjut Ikhsan, harus sama. Total waktu yang diberikan yakni 2 jam dengan materi 185 soal, terbagi atas 65 soal kemampuan verbal, 60 soal kemampuan numerikal, dan 60 soal kemampuan figural.

Ditambahkan pula, pendaftaran sekolah kawasan untuk SMP maupun SMA dibagi dalam lima wilayah yaitu Utara, Timur, Selatan, Barat, dan Pusat. Untuk daftar sekolah kawasan SMP wilayah Utara di SMPN 2 dan 15, wilayah Timur di SMPN 19 dan 35, wilayah Barat di SMPN 25 dan 26, wilayah Pusat di SMPN 1, SMPN 3, dan SMPN 6, serta wilayah Selatan di SMPN 12 dan 22.

Sedangkan sekolah kawasan SMA antara lain, wilayah Utara di SMAN 3 dan 19, wilayah Timur di SMAN 16 dan 20, wilayah Barat di SMAN 11 dan 13, wilayah Pusat di SMAN 1, 2, 5 dan 6, serta wilayah Selatan di SMAN 15 dan 21. ari