PPDB SMP-SMA di Daerah Ini Bakal Dibuat Seperti Pelaksanaan UN

ppdb pamekasanPenakita | PAMEKASAN –¬†Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Pamekasan pada tahun ajaran mendatang bakal berubah seperti pelaksanaan ujian nasional (UN). Naskah soal akan dibuat beberapa paket sehingga pihak sekolah penyelenggara tidak mengetahui paket soal mana yang dikirim ke sekolah masing-masing.

Tim penilai hasil tes juga akan melibatkan pihak ketiga. Dalam pelaksanaannya nanti Dinas Pendidikan Pamekasan mengambil alih pembuatan soal ujian penerimaan siswa di tingkat SMP maupun SMA.

“Hal itu dilakukan untuk mempersempit kemungkinan terjadinya kebocoran kunci jawaban dalam pelaksanaan ujian,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Pamekasan, Drs Achmad Hidayat.

Untuk membuat soal yang berkualitas dan objektif sesuai standart Dindik akan bekerjasama dengan lembaga kursus setempat. Demikian pula dengan tim penilai hasil tes pihak Disdik juga akan melibatkan pihak ketiga. “Tapi kami belum tentukan siapa pihak ketiga yang akan kami ajak kerjasama,” tutur Achmad Hidayat.

Selain berkordinasi dengan lembaga bimbingan belajar, Dindik Pamekasan tetap akan kordinasi dengan kepala sekolah. “Ini perlu untuk menyamakan persepsi tentang dasar tujuan dan target yang akan dicapai dalam model baru pembuatan soal ujian PPDB tersebut,” imbuhnya.

Pelaksanaan PPDB tingkat SLTP hingga SLTA mulai tahap penadaftaran, pelaksanaan tes dan pengumuman hasil tes dilaksanakan pada 1-8 Juli 2013. Seluruh proses PPDB yang dilaksanakan serentak di tingkat SLTP dan SLTA ini sama sekali tak memungut bea apa pun karena biayanya ditanggung pemerintah.

Dalam sistem baru nanti, PPDB dipastikan tidak hanya obyektif tapi juga efisien. “Kalau bupati setuju, maka segera kami laksanakan. Intinya demi menciptakan kedisiplinan dan sportivitas semua pihak dalam proses PPDB yang akhirnya diharap bisa menghasilkan peserta didik yang jujur dan berkualitas,” tegas Achmad Hidayat. sum