banner 468x60

Presiden SBY Resmikan Akademi Komunitas di Pacitan

392 views
iklan

Presiden SBYPenakita | PACITAN – Satu lagi perguruan tinggi negeri hadir di Jawa Timur. Yang istimewa, lembaga pendidikan bernama Akademi Komunitas Negeri Pacitan itu merupakan akademi komunitas negeri pertama di Indonesia. Tak heran bila peresmian perguruan tinggi tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Rabu (16/10/2013).

Dalam sambutannya, SBY menegaskan, akademi komunitas lebih tepat didirikan di setiap kabupaten. Alasannya, akademisi komunitas mencetak lulusan yang terdidik dan siap masuk dunia kerja dan wiraswasta.

Akademi Komunitas Negeri Pacitan adalah akademi komunitas pertama yang lahir sebagai satuan kerja tersendiri. Cikal bakal perguruan tinggi ini adalah Community College yang merupakan Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) dari Pemerintah Kabupaten Pacitan yang didirikan tahun 2002. Sepuluh tahun kemudian (tahun 2012) namanya berubah menjadi Pendidikan Di luar Daerah (PDD), dan akhirnya menjadi akademi komunitas di tahun 2013.

Community College telah meluluskan 10 angkatan, sedangkan PDD meluluskan dua angkatan. Setelah diresmikan, Akademi Komunitas Negeri Pacitan berencana menampung 120 mahasiswa jenjang diploma 1 yang terdiri dari tiga program diploma, yakni Teknik Informatika, Multimedia, dan Animasi.

Peresmian Akademi Komunitas Negeri Pacitan ditandai penandatanganan prasasti oleh presiden. Usai peresmian, presiden dan ibu negara melakukan penanaman pohon di halaman Akademi Komunitas Negeri Pacitan.

Kepala negara bersama sejumlah pejabat pemerintah seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, serta sejumlah menteri anggota Kabinet Indonesia Bersatu II, mengunjungi fasilitas belajar dan pameran yang diadakan di Akademi Komunitas Pacitan. Pameran tersebut diikuti akademi komunitas dan SMK dari beberapa daerah. adi

author