banner 468x60

Produksi Masal Mobil Listrik SMK Diserahkan ke Perusahaan Otomotif

395 views
iklan

Harun, Kepala Dinas Pendidikan JatimPenakita | SURABAYA – Pemerintah Jawa Timur bakal mengembangkan teknologi mobil listrik yang rancangannya nanti dibuat oleh murid-murid SMK di wilayah ini. Untuk mendukung target tersebut, sebanyak 20 kepala SMK diberangkatkan ke China guna belajar tentang mobil listrik ke China.

Dari 20 kepala SMK yang diberangkatkan, diantaranya adalah Kepala SMK PGRI 2 Ponorogo, SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Malang dan  SMKN Klakah Lumajang. “Soal produksi masal itu nanti urusan dunia industri. Sedang tugas siswa SMK adalah menyiapkan protipenya,” tegas Dr Harun MSi MM, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur.

Namun, menurut Harun, tidak tertutup kemungkinan prototipe mobil listrik hasil siswa SMK Jatim ini diproduksi masal. “Untuk itu kami akan bekerjasama dengan perusahaan otomotif,” cetusnya.

Ditekankan Harun, yang lebih penting adalah siswa SMK ini terlebih dulu memiliki kompetensi otomotif tentang mobil listrik dan mengaplikasikan dalam bentuk prototipe. “Kalau semua berjalan lancar dan berhasil baik, tentu bisa dikembangkan oleh dunia industri,” begitu paparnya.

Terkait pengembangan mobil listrik di SMK ini, lanjut Harun, tidak hanya melibatkan Pemrov Jatim, tapi juga butuh peran serta pemerintah pusat dan pemerintah kota/kabupaten. Sementara Pemprov Jatim akan mengalokasikan anggaran untuk pengembangan program tersebut, terutama untuk pengembangan sumber daya manusia lebih dahulu.

”Sebenarnya sejumlah sekolah sudah mengembangkan dalam skala kecil. Ini yang perlu diwadahi agar bisa menjadi besar,” pungkasnya. ari

author