banner 468x60

Program Bidik Misi Unair Ditentukan Lewat Nilai Akademik

604 views
iklan

unair - dokterPenakita | SURABAYA – Pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur mandiri di Universitas Airlanga bakal dimulai 29-31 Juli 2013. Pada jalur mandiri ini uang kuliah yang ditetapkan berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN). Jalur mandiri mewajibkan calon mahasiswa membayar uang kuliah awal (UKA/uang gedung).

Meski demikian, Unair tetap memberi peluang siswa tidak mampu masuk lewat program bidik misi di jalur mandiri ini. Namun, penentuan masuk tidaknya siswa tidak mampu ini tetap berdasar nilai akademik.

Peluang masuk program bidik misi ini terbuka lantaran kuota bidik misi Unair masih jauh dari kuota yang ditentukan. Tahun ini Unair mendapat kuota bidik misi 900 kursi, tetapi hanya terisi 87 mahasiswa dari jalur SBMPTN dan 454 mahasiswa dari jalur SNMPTN.

Berarti ada 359 bangku kosong yang harusnbya diisi mahasiswa miskin. ”Kalau di jalur mandiri memungkinkan bidik masi bisa saja dimasukkan. Sisanya akan kami masukkan di jalur diploma,” tegas Prof Dr Ahmad Syahrani, Wakil Rektor I Unair.

Selain program bidik misi, lanjut Syahrani, Unair juga memberi keringanan bagi mahasiswa kurang mampu. Namun, penentuannya setelah dilakukan verifikasi untuk mendukung data bahwa yang bersangkutan memang dari keluarga tidak mampu.

Diakui Syahrani, uang kuliah bagi mahasiswa mandiri yang tidak mampu ini masih tetap cukup tinggi karena menggunakan uang kuliah tunggal kelompok empat sebagai acuannya. “Tingkat ekonomi tidak menjadi penentu kelulusan calon mahasiswa baru jalur mandiri. Penentuan kelulusan hanya berdasarkan nilai akademik. Kalau calon mahasiswa mau menyumbang lebih, silakan. Tapi tidak masuk dalam penentuan,” tandas guru besar Farmasi Unair ini.

Sementara itu, UKA terbesar di Unair masih dipegang jurusan Pendidikan Dokter yakni Rp 70 juta. Urutan berikutnya adalah Pendidikan Dokter Gigi Rp 60 juta, dan Kedokteran Hewan Rp 50 juta.

UKA ini semakin berlipat untuk pendaftar luar negeri. Untuk Pendidikan Dokter, warga asing dikenakan SP3 Rp 250 juta. Dan Pendidikan Dokter Gigi SP3 sebesar Rp 175 juta.

Sementara Uang Kuliah (UK) yang dibayar per semester di Unair besarannya bervariasi di tiap-tiap program studi. Biaya terbesar tetap Pendidikan Dokter sebesar Rp 15 juta per semester, Pendidikan Dokter Gigi Rp 12.5 juta, dan Kedokteran Hewan Rp 7,5 juta per semester.  ari

author