banner 468x60

Program Kemitraan dan Mandiri ITS Tanpa Tes

520 views
iklan

ITS_webPenakita | SURABAYA – Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang gagal masuk ITS, masih punya peluang melalui program kemitraan dan mandiri (PKM). Bagi mereka yang berminat masuk lewat jalur tersebut diberi kesempatan mendaftar hingga tanggal 23 Juli 2013.

Peserta tidak perlu menjalani tes lagi, pasalnya seleksi PKM ini didasarkan pada nilai SBMPTN. ”Kami merasa tidak perlu seleksi lagi karena sama dengan ujian SBMPTN lalu, seperti tes potensi akademik, di SBMPTN juga sudah ada,” kata Ismaini Zain, Kepala Badan Akademik ITS.

Ditambahkan, dengan nilai SBMPTN tersebut pihaknya akan mudah melihat masing-masing pendaftar sesuai jurusan yang dituju. Selain itu, pendaftar PKM ITS tidak terbatas pada pendaftar yang di SBMPTN memilih ITS, tapi juga pendaftar yang memilih perguruan tinggi lain.

Hal itu dimungkinkan karena pihak ITS sudah memiliki database nilai seluruh pendaftar SBMPTN, sehingga tinggal memasukkan datanya selanjutnya sistem akan melakukan perangkingan nilai. “Parameter kelulusan jalur mandiri sesuai nilai SBMPTN, tidak ada parameter lain seperti kesanggupan membayar biaya. Kami akan melihat kompetensinya. Berapapun biaya yang sanggup dibayar mereka tidak akan berpengaruh terhadap kelulusan. Tidak ada tawar menawar dan negosiasi,” ujarnya.

Bila ada sejumlah pendaftar yang memiliki nilai sama dalam satu jurusan, Ismaini menegaskan, ada proses seleksi selanjutnya yang didasarkan pada kemampuan dasar saintek/soshum, kemudian kemampuan umum dan tes potensial akademik. “Dijamin sistem yang dibuat tidak memungkinkan ada oknum yang bisa bermain-main di seleksi ini,” cetusnya. ari

author