PTN Jawa Timur Siap Terapkan UKT!

uang_kuliahPenakita | SURABAYA - Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Muchlas Samani mengatakan, secara garis besar, seluruh rektor PTN yang ada di Jawa Timur sudah menyetujui penerapan uang kuliah tunggal (UKT) pada tahun ajaran baru nanti. Hanya saja, untuk besaran berapa nilainya masih dalam proses penghitungan.

“Kami yang di Jawa Timur sudah setuju penerapan UKT. Unesa saja saat ini sedang belajar kepada Universitas Brawijaya (Unibraw) mengenai tingkatan pembayaran. Rencananya akan ada lima tingkat pembayaran. Ini untuk membedakan antara anaknya orang yang kaya dengan yang kurang mampu,” tutur Muchlas kepada PENAKITA.com, Jumat (3/5/2013).

Diakuinya, pembagian pembayaran itu disesuaikan dengan derajat kemampuan wali mahasiswa. “Misalkan saja anak seorang anggota DPR tidak mungkin bayarnya disamakan dengan anak seorang pekerja biasa. Jadi, tetap sesuai derajat kemampuan masing-masing wali mahasiswa,” tandas Muchlas.

Sementara itu, biaya UKT di ITS akan dibagi menjadi tujuh tingkat. Besarannya mulai dari Rp 0 – Rp 7,5 juta. Sama halnya dengan Unesa, ITS akan menyesuaikan dengan kemampuan finansial orangtua mahasiswa.

Menurut Kepala Badan Akademik ITS, Ismaini Zain, angka tersebut memang belum resmi dilaunching. Namun, informasi yang diterimanya, UKT di ITS akan dibagi menjadi tujuh kategori.

“Bocoran UKT di ITS sejumlah itu kalau memang tidak ada perubahan. Soalnya memang belum dilaunching pihak ITS sendiri,” pungkasnya.ika