banner 468x60

PTS Indonesia Jangan Sampai Tergulung PTS Asing

420 views
iklan

Penakita | JAKARTA – Masuknya perguruan tinggi asing ke dalam negeri sulit dibendung pada era globalisasi seperti sekarang. Karena itu, perguruan tinggi dalam negeri harus siap menghadapi arus masuk perguruan tinggi asing.

“Apakah kita ingin menutup diri seperti Korea Utara? Tidak mungkin. Jadi semua sektor pasti akan terkena dampak globalisasi,” kata Wakil Presiden dalam acara Pembukaan Musyawarah Nasional III Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP PTSI) di Kantor Wakil Presiden di Jakarta, Selasa (19/2).

Ditambahkan Boediono,”Universitas sekelas Harvard pun saat ini sudah jalankan kuliah on line jadi sangat tidak mungkin kita menghentikan masuknya perguruan tinggi asing masuk ke Indonesia.”

Menurut Boediono, perguruan-perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi arus masuknya perguruan tinggi asing. “Kalau pengelola PTS masih bekerja seperti sekarang bisa saja digulung PTS asing. Jalan terbaik memang harus persiapkan diri sebaik-baiknya,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Thomas Suyatno, Ketua ABP PTS mengatakan, perguruan-perguruan tinggi swasta dalam negeri harus memanfaatkan sebaik-baiknya waktu yang tersisa sebelum Masyarakat Ekonomi ASEAN terwujud pada 2015. “Waktu tinggal dua tahun bukanlah waktu yang pendek,” cetusnya.

author