banner 468x60

Rahasia Puasa Perpanjang Usia Kita

424 views
iklan

doa berbuka puasaPenakita | SURABAYA – Konsumsi harian yang tak terkontrol membuat kita perlu diet sehat yang baik. Dalam hal ini puasa adalah solusi tepat. Dalam sebuah penelitian, kegiatan ini justru membuat kita panjang umur jika dilakukan tak hanya sebulan dalam setahun.

Disadari atau tidak, jam makan yang teratur disaat berpuasa memberi andil besar dalam kesehatan seseorang. Bahkan jika dilakukan dengan benar, hal ini membuat usia kita lebih banyak dibanding mereka yang tidak melakukan puasa.

Dikutip dari BBC, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap, resep umur panjang sebenarnya tak cukup dengan berolahraga, latihan khusus, obat dan sebagainya, melainkan dengan mengurangi makanan. Dalam hal ini berpuasa akan memberi banyak jalan ke arah sana. Dengan catatan, saat berbuka Anda tetap menghitung kalori menu makanan seimbang dan membatasi kebutuhan kalori harian.

Menurut Dr Michael Mosley, ilmuwan yang menyarankan hal ini mengatakan sistem metabolisme yang tinggi karena banyaknya energi yang kita dapat dari makanan sebenarnya memberi pengaruh buruk pada kesehatan. Dalam sebuah acara Science show Horizon di BBC, ia mengatakan, dalam penelitian yang sedang berlangsung ini bahwa, sistem metabolisme yang tinggi ini pada akhirnya meningkatkan faktor risiko kematian dini.

Dalam pengamatannya, masyarakat Amerika dan Jepang yang mentaati cara konsumsi makanan tak berlebih dan tepat waktu rata-rata memiliki usia lebih panjang. Fakta ini berlaku jika dibandingkan dengan usia rata-rata masyarakat di dunia.

“Intinya, puasa adalah satu-satunya cara yang benar-benar ditunjukkan untuk memperpanjang hidup. Pada akhirnya, penuaan adalah produk dari tingkat metabolisme yang tinggi, yang pada gilirannya meningkatkan jumlah radikal bebas yang kita konsumsi,” ujarnya.

Mosley juga menunjukkan bahwa puasa intermiten pun dapat menawarkan manfaat yang sama seperti pembatasan kalori dengan mengurangi pertumbuhan hormon IGF-1. Sementara hormon mempertahankan dan perbaikan jaringan, hormon IGF-1 terbukti memberikan kontribusi terhadap kanker dan penuaan.

Selain itu, kebiasaan ngemil saat tidak puasa, disadari atau tidak akan memperburuk 40 persen penurunan kualitas kesehatan. Parahnya hal ini sering dilakukan saat kita sedang bekerja di siang hari. Hal tersebut yang membuat puasa bisa perpanjang usia. Rasa lapar yang sangat akan terganti saat berbuka, hal ini yang pada akhirnya membuat keinginan ngemil hilang seketika. adi

author