banner 468x60

Raih Nilai UN Tertinggi, Tapi Kenapa Gagal Tembus SNMPTN?

452 views
iklan

SNMPTN 11Penakita | SURABAYA – Mendapat nilai ujian nasional (UN) terbaik ternyata tak menjamin yang bersangkutan bisa lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Terbukti tiga siswa peraih UN di Jatim sama-sama gagal masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang mereka inginkan.

Mereka yang tak berhasil menembus SNMPTN ini adalah Khilyatul Azizah dan Fauzia Risatul Zahro dari SMK Negeri 1 Turen Malang, masing-masing juara dua dan tiga nilai UN tingkat SMK. Nasib yang sama dialami Nurina Mahfudhoh (peraih nilai UN tertinggi jurusan bahasa tingkat MA se-Jatim dari MAN 3 Kediri), Achmad Safi’i (peraih nilai UN tertinggi di jenjang SMK se-Jatim), dan Alvinura Fajrin (siswa SMAN Mojoagung Jombang yang meraih nilai UN terbaik tingkat SMA jurusan IPA).

“Ini semata karena persaingan yang sangat ketat. Tapi, jangan khawatir karena masing-masing PTN punya kebijakan sendiri untuk menerima siswa yang berprestasi ini tanpa harus lewat jalur seleksi,” tandas Alie Mufie, Koordinator Pengawas UN dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Alie Mufie juga mengingatkan, tidak lolosnya siswa tersebut dalam SNMPTN tidak semata-mata karena ditolak. Namun, bisa jadi lantaran ada mekanisme yang dimungkinkan salah saat melakukan pendaftaran.

“Bisa jadi salah memilih jurusan. Maklum, persaingan dalam SNMPTN ini sangat ketat,” katanya. ari

author