banner 468x60

Raih NUN Terbaik Meski Tak Ikut Bimbel

953 views
iklan

Aliyah Ariuni SDN Dr SoetomoPenakita | SURABAYA – Aliya Ariuni Arintya sama sekali tak menduga dirinya bakal meraih nilai tertinggi ujian nasional (UN) se-Surabaya. Pasalnya, murid SDN Dr Soetomo 5 Surabaya ini tak melakukan persiapan khusus menjelang UN lalu.

Bungsu dari tiga bersaudara ini juga tak ikut bimbingan belajar (bimbel) seperti yang dilakukan teman-temannya. Sebaliknya, Aliya masih tetap menggeluti hobinya bermain game dan membaca novel. Aliya juga tetap rutin main piano kesukaannya. Seminggu menjelang UN Aliya masih sempat les piano.

Aktivitas yang diikutinya tersebut tampaknya tak mempengaruhi konsentrasi belajarnya. Terbukti nilai UN Aliya bersama lima murid SD se-Surabaya lainnya dinyatakan tertinggi, yaitu 29,60.

“Les di rumah saja cukup kok. Karena di sekolah sudah banyak pelajaran tambahan,” kata putri pasangan Nilastyo Ariono-Tri Suci Indrayanti ini.

Terbukti kemandirian Aliya ini membuahkan prestasi. Setidaknya, Aliya selalu berada di posisi tiga besar di sekolahnya. Namun, toh sang ibu tetap khawatir. Karena itu menjelang pelaksanaan UN Tri Suci Indrayanti meminta salah seorang saudara yang berprofesi sebagai guru untuk membantu Aliya belajar di rumah.

Meski getol bermain piano, Aliya ternyata tak ingin jadi pemain musik. “Saya suka gambar-gambar model baju sih, tapi belum pernah praktak sampai jadi baju,” ujar Aliya yang mengungkap keinginannya jadi desainer.

Menurut Aliya, desainer profesi yang mengasyikkan karena dia bisa berkreasi. Selain itu, dia punya punya cita-cita jadi dokter dan pengusaha.

Lalu kemana Aliya setelah lulus SD? “Saya ingin masuk SMPN 1 Surabaya. “Semoga saja tercapai,” begitu harap Aliya yang juga sempat menjuarai lomba piano di beberapa kompetisi yang diikutinya.  ari

Peraih UN SD Tertinggi (29,60) se-Surabaya :
1. Aliya Ariuni Arintya (SDN Dr Soetomo 5)
2. Sastya Adzani Syahbana (SDN Rangkah 7/169)
3. Leni Alfani (SDN Jemurwonosari I)
4. Amira Najla Zatalani (SD Islam Terpadu Al Uswah)
5. Putri Darmawan (SD Margie)
6. Nita Ivana Dharmawan (SD Margie)

author