• Home »
  • Aktualita »
  • Rayakan Dies Natalis ke-105, Fakultas Kedokteran Unair Gelar ‘105 Cahaya di Langit Surabaya’

Rayakan Dies Natalis ke-105, Fakultas Kedokteran Unair Gelar ‘105 Cahaya di Langit Surabaya’

Panitia Dies Natalis ke-105 FK Universitas Airlangga Surabaya.

Penakita | SURABAYA – Ada yang spesial di Dies Natalis ke-105 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Kegiatan bertema ‘105 Cahaya di Langit Surabaya’ itu diisi beragam kegiatan selama tiga hari berturut-turut mulai 9-11 November 2018.

Melalui prinsip ‘Pererat ikatan untuk menebar kebaikan sebagai upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat dalam bidang kesehatan, teknologi dan humaniora’, Dies Natalis FK Unair tidak hanya merayakan hari jadinya namun juga mampu bermanfaat bagi masyarakat.

Serangkaian kegiatan yang diawali dengan beragam seminar tersebut mengangkat tema-tema menarik seputar kesehatan. Salah satu diantaranya yakni, ‘Peran dan Harapan IDI dalam Pelaksanaan Universal Health Coverage yang Berkeadilan bagi Seluruh Masyarakat’, dengan pemateri Moh Adib Khumaidi dr SpOT yang juga Ketua Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) 2018-2021.

Tema ini sangat penting dipahami dan harus diaplikasikan oleh para calon lulusan FK Unair, “Selama ini lulusan dokter selalu ingin bekerja di kota-kota besar saja. Namun lulusan dokter FK Unair harus mau mengabdi ke kota-kota terpencil. Kesadaran itu harus ada mengingat minimnya jumlah dokter di kota-kota terpencil di Indonesia,” tegas Prof Dr Soetojo dr SpU(K), Dekan FK Unair.

Disamping seminar kesehatan, kegiatan lain yang diadakan selama Dies Natalis FK Unair yakni pengabdian masyarakat berupa bakti sosial pada tanggal 10 November 2018. Program yang diadakan di 105 tempat dan tersebar di 380 titik berbeda di Surabaya itu diikuti para alumni angkatan 1961-2011 FK Unair.

“Dengan jumlah peserta dan lokasi terbanyak, kegiatan ini mampu menembus rekor MURI,” kata Soetojo.

Dies Natalis FK UNAIR ditutup dengan Karnaval dan Pasar Rakyat yang digelar di halaman Kampus A Unair pada 11 November 2018 pukul 06.30-12.00. Mengusung tema ‘Warna-Warni Nusantara’, nantinya setiap angkatan melakukan defile karnaval menggunakan kostum dan atribut budaya Nusantara sembari mengelilingi FK Unair.

Sementara di Pasar Rakyat, pengunjung dapat menyantap makanan khas Surabaya di stan-stan ‘Kuliner Tjap Soerabaja’. “Stan-stan makanan itu merupakan sumbangan dari setiap angkatan yang hadir,” pungkas Prof Dr Budi Santoso dr SpOG(K), Ketua Panitia Dies Natalis FK Unair. sum