banner 468x60

Rempah-Rempah Ini Punya Khasiat Besar Bagi Kesehatan Tubuh

42 views
iklan

rempah-rempah Penakita | SURABAYA – Bersyukurlah kita sebagai penduduk negeri tercinta, Indonesia. Pasalnya, kita punya aneka ragam rempah yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tak heran bila banyak negara berebut menguasai Tanah Air kita. Tetapi, sudahkah kita tahu apa saja jenis ramuan rempah yang paling sehat dan sering digunakan saat memasak?

Selain untuk menambah aroma dan rasa, berikut tujuh rempah yang punya nilai kesehatan bagi tubuh sebagaimana dilansir UN News :

1. Cabai – Menurut berbagai penelitian, cabai kaya akan vitamin A, menurunkan kolesterol, melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Chili sering digunakan untuk memasak berbagai macam hidangan tradisional.

2. Oregano – Tanaman ini sering digunakan dalam masakan modern seperti pizza dan salad. Meskipun hanya sedikit usang, tapi satu sendok teh oregano kaya vitamin C, serat, dan antioksidan. Oregano juga dikenal sebagai agen antibakteri dalam tubuh.

3. Kunyit – Selain memberikan warna cantik dan rasa, kunyit ternyata sehat. Ini ramuan ampuh untuk menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan penyakit autoimun.

4. Kayu manis – Secangkir teh bubuk kayu manis lezat dan sehat di pagi hari. Bahkan penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi kayu manis karena dapat mengontrol gula darah dalam tubuh.

5. Bawang putih – Hampir setiap hidangan menggunakan bawang putih sebagai penyedap makanan. Tahukah Anda bahwa bawang putih tidak hanya aromatik tetapi juga mengandung banyak manfaat. Misalnya untuk melawan demam, menjaga kesehatan jantung, mencegah peradangan, dan sumber selenium.

6. Jahe – Jahe dikenal sebagai obat sakit perut dan melegakan mual selama kehamilan. Jahe juga sering dikonsumsi sebagai minuman atau penyedap dalam masakan. Jika Anda kedingian, minum jahe hangat dapat memberikan sensasi hangat serta menyehatkan.

7. Kakao – Kakao atau cokelat bubuk bisa diolah menjadi minuman panas atau bahan baku kue. Khasiat sehat kakao flavonoid yang telah ditunjukkan dalam penelitian dapat menurunkan tekanan darah dan sirkulasi. adi

author