banner 468x60

Robot Kenalkan Anak Pada Teknologi

433 views
iklan

mindstorms_NXT2Penakita | SURABAYA – Memperkenalkan teknologi sejak dini bisa jadi bukan hal mustahil saat ini. Karena selain tersedianya perangkat mobile dan komputer, beberapa mainan yang tersedia juga sengaja didesain khusus dengan tujuan belajar mengajar. Salah satunya produk mainan bongkar pasang dan robot-robotan.

Robot dan bongkar pasang bisa jadi dua diantara banyak jenis mainan popular anak. Selain berinteraksi, kini kedua mainan ini didesain dengan tujuan kegiatan edukasi. Sehingga hal ini dapat melatih kreativitas anak yang dimulai sejak dini.

Seperti dikutip dari situs Parenting, Yudi Mintoro Sumali, Founder Robotics Education Centre, aktivitas berkreasi dengan lego dan robot dapat melatih anak-anak mengenali teknologi lewat belajar merakit robot.

Dia menambahkan, saat ini banyak mainan edukasi seperti robot dan bongkar pasang yang didesain khusus sesuai kebutuhan usia anak sejak dini. Diantaranya jenis maian anak untuk usia 4-6 tahun yang menitik beratkan pada pengenalan warna dan bentuk. Kegiatan ini menurut Yudi bisa melatih motorik halus, koordinasi mata dan tangan.

Sementara untuk keperluan usia lebih tua, anak juga bisa dikenalkan pada mainan lain dengan pola edukasi lebih rumit. Seperti pada saat usia 7-18 tahun, seorang anak dapat diperkenalkan pada mainan dengan sistem programming sederhana dan mempelajari gerak motor.

Selain memberi kepuasan dalam bermain, mengembangkan imajinasi dan kreativitas, memberi mainan edukasi sejak dini ke anak akan menunjang kemampuan edukasi anak dengan lebih baik. Jangan heran, jika kegiatan sederhana ini dapat memicu mereka mencintai matematika, dan pada akhirnya mereka menciptakan peralatan teknologi modern suatu saat. adi

author