banner 468x60

Robot Penanam Pohon Maju ke KRI Nasional

395 views
iklan

Foto-stikomPenakita | SURABAYA – Inilah robot inovatif karya mahasiswa Stikom Surabaya yang berhasil menyabet peringkat ketiga tingkat regional empat Kontes Robot Indonesia (KRI) 2013. Robot yang sukses menyingkirkan tim dari Unesa pada babak terakhir penyisihan itu diberi nama Miracle SWC 8 ini merupakan prototype robot penanam pohon.

Kemenangan tersebut otomatis membawa prototipe robot penanam pohon itu ke pentas nasional KRI 2013. Menurut Dr Bambang Hariadi MPd, Pembantu Ketua (Puka) III Stikom, SWC 8 ini diproyeksikan untuk membantu masyarakat pecinta lingkungan ikut andil dalam penanaman pohon demi menyelamatkan bumi.

“Poin dari SWC 8 ini adalah ingin membuat teknologi menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat bagi lingkungan,” tutur Bambang kepada PENAKITa.com, Selasa (30/4/2013).

Sementara itu, Aditya Prima, salah satu anggota tim perakit SWC 8 mengaku, bukanlah hal mudah mengalahkan para pesaing pada KRI regional 4 beberapa waktu lalu. Sebab, ada beberapa kendala yang sempat menghambat. “Waktu pertandingan lalu, lokasi perlombaan itu terlalu berdebu, sehingga ketika  robot berjalan dan melakukan pengereman itu seringkali kebablasan,” tukas Aditya.

Mahasiswa Sistem Komputer semester enam ini menambahkan, ia memang sangat antusias dalam merakit robot SWC 8 ini. Sebab, belum banyak teknologi robot yang bersentuhan langsung dengan lingkungan.

“Nah, saya sendiri terinspirasi dari film animasi berjudul Wall-E tentang robot yang ditugaskan untuk menyelamatkan bumi. Semangat untuk menyelamatkan lingkungan atau bumi inilah yang menjadi inspirasi saya membuat SWC 8 ini,” tandas Aditya.ika

author