banner 468x60

Rokok Bikin Kita Tambah Bodoh

480 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | SURABAYA – Jangan percaya jika ada yang ngomong “anak muda nggak gaul kalau nggak ngerokok”. Karena, percaya atau tidak, dalam sebuah penelitian, kebiasaan merokok dapat menurunkan kualitas akademisi. Karena merokok pada dasarnya menurunkan daya ingat seseorang.

Bahkan hal ini akan berpengaruh pada seseorang yang tidak merokok tapi suka berkumpul bersama dengan perokok aktif. Menurut penelitian dari Universitas Northumbria, dampak yang didapat perokok pasif bahkan lebih besar 20 persen ketimbang perokok aktif.

Seperti dikutip dari Dailymail, kebiasaan merokok selain berbahaya bagi jantung juga meningkatkan risiko kerusakan otak. Hal yang sama juga terjadi pada perokok aktif yang apalagi sudah melakukan kebiasaan ini selama bertahun-tahun.

Menurut salah seorang ilmuwan yang bertanggung jawab di penelitian ini, Dr Tom Heffernan, dalam penelitian yang dilakukan timnya, kebiasaan merokok pada dasarnya dapat mempengaruhi fungsi kognitif otak setiap harinya.

“Kami berharap temuan kami akan mendorong penelitian lebih lanjut untuk membantu kita mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari link kesehatan yang berkaitan dengan paparan asap rokok,” katanya. Hasil temuan ini sendiri telah dipublikasikan secara online melalui jurnal Addiction edisi terbaru. adi

 

author