banner 468x60

RRI Surabaya Sediakan Ruang Khusus Piringan Hitam

462 views
iklan

musik PH RRIPenakita | SURABAYA – RRI Surabaya memiliki koleksi piringan hitam (PH) yang masih terawat dengan baik. Plat musik ini sangat berharga karena sekarang tidak lagi diproduksik dan perannya diganti compact disc (CD) dan DVD.

Sedikitnya 2.300 PH itu tersimpan secara rapi di Ruang Pustaka Musik Khusus PH di lembaga penyiaran publik yang berlokasi di Jl Pemuda Surabaya itu. PH itu masih bisa mengumandangkan lagu lewat perangkat khusus yang didatangkan dari luar negeri.

Keberadaan ruang pustaka musik PH ini diharapkan bisa bisa untuk mengenang sejarah perjuangan RRI tempo dulu. “Sebagai generasi penerus saya akan menjaga dan menyimpan barang-barang bersejarah itu dengan baik agar bisa dikenang selamanya, ” imbuh Rohanudin, Kepala Stasiun RRI Surabaya periode 2012-2013.

Koleksi PH yang terpampang di ruang sebelah barat lobi bekas ruang rapat itu bermacam-macam, ada koleksi lagu-lagu barat dan lagu-lagu Indonesia. Ada Koesplus, The Mercys, Muksin Alatas-Titik Sandora dan Rhoma Irama lengkap dengan cover foto artisnya yang masih mengenakan celana komprang dan rambut kribo.

Tampilan Ruang Restorasi Piringan Hitam yang dibatasi kaca ini menjadi menarik perhatian setiap tamu yang berkunjung ke RRI Surabaya. Lobi di gedung RRI Surabaya ini kian semarak dengan studio Channel Lima yang diletakkan di bagian depan dengan dinding kaca sehingga mudah terlihat oleh setiap pengunjung yang datang bertamu. ari

author