banner 468x60

Rutin Gosok Gigi Jauhkan Pikun

426 views
iklan

Sikat GigiPenakita | SURABAYA – Tak hanya berpengaruh pada kesehatan gigi dan gusi, kebiasaan menggosok gigi ternyata memberi keuntungan pada kesehatan psikis. Dalam hal ini, tetap memiliki gigi bersih akan jauhkan kita dari masalah penurunan fungsi otak atau yang biasa dikenal dengan sindrom demensia.

Salah satu gejala yang sering muncul dari sindrom demensia adalah pikun atau pelupa. Tanpa segera diatasi, sindrom demensia juga sering menyebabkan berbagai jenis masalah kesehatan, mulai dari stroke, Alzheimer, penyakit Creutzfeldt-Jakob, Huntington, Parkinson bahkan AIDS.

Dalam sebuah penelitian, gusi yang rusak karena perawatan gigi yang kurang diperhatikan bisa berakibat pada penyempitan pembuluh darah. Hal ini yang pada akhirnya berujung pada masalah stroke pada seseorang.

Dikutip dari laman Dailymail, beberapa penelitian juga menemukan orang-orang dengan penyakit Alzheimer, salah satu penyakit demensia, umumnya memiliki gusi penuh bakteri. Annlia Paganini-Hill, penulis utama studi tersebut, mengatakan diperkirakan bakteri penyakit gusi menyebabkan peradangan dan kerusakan ketika mencapai otak. Penelitian ini telah di tulis dalam Journal of American Geriatrics Society.

“Ada sejumlah studi melihat hubungan antara peradangan yang disebabkan oleh faktor-faktor termasuk kesehatan gigi yang buruk dan demensia, tetapi link ini belum sepenuhnya dipahami,” ujar Jessica Smith dari the Alzheimer’s Society. adi

author