banner 468x60

Sapu Angin Speed ITS Pendatang Baru Terbaik di Laga Internasional Ini

iklan

Sapu Angin Speed ITSPenakita | SURABAYA – Tim Sapu Angin Speed ITS mendapat kejutan menyenangkan di laga Student Formula Japan (SFJ) 2013 yang berakhir Sabtu (7/9/2013). Di ajang pertama yang diikuti Kontingen ITS tersebut justru berhasil meraih predikat Pendatang Baru Terbaik atau Best Rookie Award

“Prestasi ini merupakan capaian luar biasa kami. Pasalnya, ini kali pertama ITS tampil di ajang yang diikuti sejumlah perguruan tinggi ternama se Asia Pasifik dan langsung dapat apresiasi,” tandas Dr Ir Bambang Pramujati MSc Eng PhD, Ketua Jurusan Teknik Mesin ITS Bambang Pramujati.

Menurut Bambang, sebelumnya ada dua perguruan tinggi terkemuka nasional yang ikut kompetisi ini. Dan dari keikutsertaan dua perguruan tinggi itu belum sekalipun mendapatkan penghargaan, sehingga, ITS menjadi institusi pertama Indonesia yang sukses membawa pulang gelar dari Negeri Sakura tersebut.

Diakui, kompetisi ini mempunyai tantangan cukup berat. Pasalnya, banyak aturan yang diadopsi dari kompetisi balap dunia seperti Formula 1. Namun, mahasiswa ITS ternyata mampu mengatasinya dengan baik dan berhasil meraih penghargaan Best Rookie Award.

“Saya bangga atas hasil ini,” ucap Ir Witantyo MEng Sc, dosen pembimbing Tim Sapu Angin Speed.

Namun, dosen Jurusan Teknik Mesin ITS ini menyadari masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki dari Tim Sapu Angin Speed ITS. Salah satunya dari segi perhitungan cost report.

“Pada saat uji cost report, kami memperoleh nilai minus seratus,” beber Wityanto. Untuk mengantisipasi hal itu, Witantyo akan memasukkan perhitungan cost report ke silabus salah satu mata kuliah.

Komentar nyaris sama diungkap Hulfi Mirza Hulam Ahmad. Salah satu anggota Tim Sapu Angin Speed ini pun tidak menyangka timnya memperoleh penghargaan membanggakan tersebut. Alasannya, saat ujian terakhir mereka gagal finis dan bahkan tidak memperoleh poin. Sehingga, penghargaan ini menjadi kejutan yang tidak disangka-sangka.

“Awalnya, kami  pesimis mendapat penghargaan Best Rookie,” ucap Hulfi sambil tersenyum senang. ari

author