banner 468x60

Satu Kursi PTN Diperebutkan 12 Siswa

396 views
iklan

Penakita | MALANG – Sebanyak 119.344 siswa berebut peluang untuk masuk tiga perguruan tinggi negeri (PTN) di Malang lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Dari jumlah itu, paling banyak (sekitar 71.000 siswa) berminat masuk Universitas Brawijaya, disusul Universitas Negeri Malang (39.647 siswa), dan yang mendaftar ke Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim ada 8.697 siswa.

Angka tersebut menunjukkan ketatnya persaingan yang dihadapi para siswa. Karena kuota mahasiswa baru di jalur SNMPTN ini hanya tersedia 10.222 kursi. Untuk Universitas Brawijaya sebanyak 6.388 kursi, UM (3.084), dan UIN Maliki hanya 750 kursi.

“Persaingan benar-benar ketat. Asumsinya, untuk bisa meraih satu kursi harus bersaing dengan 12 siswa lainnya,” tegas Agus Yuliawan Surasdiyanto, Kabag Akademik Universitas Brawijaya.

Sementara itu, bagian informasi SNMPTN Panitia Lokal Malang, Yusuf Ikhwanto, mengatakan, peserta SNMPTN tahun ini mengalami peningkatan cukup tajam, bahkan lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu yang hanya sekitar 30.000 peserta.

Menurut dia, tingginya jumlah peminat SNMPTN di Malang tersebut menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi siswa SMA dan juga untuk prestasi PTN yang ada di daerah itu. “Lebih baik jika siswa yang sudah mendaftar SNMPTN juga tetap menyiapkan diri untuk tes yang lain, disamping menyiapkan Ujian Nasional (UN). Sebab, kalau tidak lulus UN, secara otomatis tereliminasi dari daftar peserta SNMPTN,” kata Yusuf.

Proses seleksi SNMPTN jalur undangan dimulai 9 Maret hingga 27 April, dan pengumumannya 28 April 2013. Porsi dari SNMPTN undangan tersebut sebanyak 50 persen dari kuota keseluruhan, sedangkan 30 persen untuk jalur SBMPTN serta 20 persen untuk jalur mandiri. ari

author