banner 468x60

Sebanyak 60 Persen Maba UM Masuk Kategori UKT 3

394 views
iklan

universitas negeri malangPenakita | MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) sudah menetapkan uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru (maba) jalur undangan (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri/SNMPTN) maupun jalur tes tulis (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri/SBMPTN) tahun akademik 2013/2014. Dari sekitar 5.300 maba di kedua jalur tersebut, didominasi penerima UKT kategori 3 yaitu sebesar Rp 3,5 juta.

Prosentase penerima UKT kategori 3 itu mencapai 60-70 persen. Sedang yang mendapat UKT Rp 0 (kategori 1) hanya 1,8 persen. Disusul UKT kategori 2 (Rp 1 juta) sebanyak 5 persen.

“Sisanya dibagi untuk kategori 4 dan 5,” ujar Prof Dr Hendyat Sutopo, Wakil Rektor I UM.

Diungkap Hendyat, jumlah maba penerima UKT kategori 1 tahun ini nyaris tidak beda jauh dengan tahun lalu. Untuk masuk kategori 1 yang membebaskan bea kuliah ini memang tidak gampang. “Syaratnya penghasilan orangtua maba di bawah Rp 600.000 perbulan,” tandas mantan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan ini.

Selain itu, lanjut Hendyat, maba tersebut juga harus menunjukan potensi berprestasi yang ditunjukan dari rekam akademiknya di sekolah. “Data sudah kami verifikasi, dan terbukti bahwa kemampuan ekonomi orangtuamaba UM terbanyak di kategori menengah,” paparnya.

Berbeda dengan UKT yang sudah ditetapkan para penerimanya, untuk jalur bidik misi tampaknya masih harus menunggu proses visitasi yang masih terus dilakukan. Apalagi pihak UM menengarai 200 siswa dari 1.008 camaba bidik misi memalsukan data.

“Tim Visitasi UM masih mengunjungi camaba yang datanya mencurigakan tersebut. Hasilnya kemungkinan baru bisa diumumkan setelah Idul Fitri,” tandasnya. sum

author