banner 468x60

Sebanyak 619 Siswa Kota Malang Daftar Ulang SNMPTN

349 views
iklan

website snmptnPenakita | MALANG – Dari sekitar 20.000 siswa Jawa Timur (Jatim) yang lolos jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 619 orang diantaranya berasal dari Kota Malang. Para siswa tersebut melakukan daftar ulang di perguruan tinggi negeri (PTN) yang mereka pilih, Selasa (18/6/2013).

Menurut Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Kota Malang, Tri Suharno, jumlah siswa di Kota Malang yang lolos SNMPTN ini naik dua kali lipat. Kenaikan angka siswa yang lolos jalur SNMPTN ini, diakui Suharno, karena berubahnya sistem penerimaan di PTN di seluruh Indonesia.

“Sekarang yang jalur undangan 50 persen dari kuota. Ini yang membuat jumlah siswa SMAN Malang lolos di jalur undangan ini meningkat,” cetusnya.

Selain lolos di PTN ternama, 619 siswa yang berasal dari 10 SMA Negeri di Kota Malang itu juga diterima di Politeknik Negeri Malang (Polinema), serta sekolah kedinasan. “Sekolah yang terbanyak meloloskan siswanya di SNMPTN yang dulu bernama jalur undangan ini berasal dari SMAN 3, sebanyak 83 siswa,” kata Budiono, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang, Selasa (18/6/2013).

Selain siswa yang lolos PTN, Dindik Kota Malang juga mencatat siswa di SMA di area tersebut yang melanjutkan kuliah di luar negeri. “Yang kuliah di luar negeri ada 10 siswa dari empat SMAN di Kota Malang,” tuturnya.

Untuk siswa yang kuliah di luar negeri ini, lanjut Budiono, SMA Negeri 10 mencatat rekor terbanyak. Dari 10 siswa dari seluruh Kota Malang, lima berasal dari SMAN 10. “Tiga siswa kuliah di Amerika dan dua lainnya di Jerman,” imbuhnya. sum

author