banner 468x60

Sebanyak 759 Peserta SBMPTN Dipastikan Tidak Lolos

331 views
iklan

Puniv brawijayaenakita | MALANG – Jumlah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Sub-Lokal Panitia Lokal (Panlok) Malang Universitas Brawijaya (UB) kembali menyusut. Setelah pada hari pertama (Selasa, 18/6/2013), sebanyak 723 peserta mundur, pada hari kedua (Rabu, 19/6/2013) bertambah lagi 36 orang yang tidak hadir.

Siswa yang tidak hadir pada saat ujian tulis hari kedua itu berasal dari lokasi jurusan Sains dan Teknologi (saintek). Dengan demikian total peserta yang dipastikan tidak lolos di jalur SBMPTN ini karena tidak mengikuti ujian tulis menjadi 759 peserta.

Namun, secara keseluruhan pelaksanaan ujian tulis baik pada hari pertama maupun kedua berjalan lancar dan tidak ditemukan permasalahan berarti, khususnya kasus yang selama ini sangat diwaspadai, yaitu perjokian. “Hanya ada 20 peserta lupa mengisi nomor peserta ujian. Namun, hal itu sudah kami selesaikan dan masuk berita acara,” ujar Dr Ir Agoes Soeprijanto, Sub-Seksi Pengawas SBMPTN UB.

Informasi lain menyebutkan, sebanyak 7.757 siswa yang diterima dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah melakukan pendaftaran ulang di UB. “Jumlah itu bukan hanya untuk jalur SNMPTN, tapi juga jalur Seleksi Program Kemitraan Daerah (SPKD), Seleksi Program Kemitraan Institusi (SPKIns), dan PSB non akademi,” tegas Prof Dr Ir Bambang Suharto, Pembantu Rektor I UB, Rabu (19/6/2013).

Menurut Bambang, tahun lalu jalur-jalur tersebut terpisah. Tapi tahun ini disatukan bersama jalur undangan (SNMPTN). Ditambahkan pula, 7.757 siswa itu diambil dari 70.300 orang yang meminati UB. Dari 7.757 calon mahasiswa baru UB itu, sebanyak 404 merupakan penerima beasiswa bidik misi.

“Kuota 7.757 itu telah memenuhi permendikbud yang mengatakan 50 persen dari kuota total merupakan jalur SNMPTN,” paparnya.  sum

author