Sekolah di Kota Ini Dipastikan Terapkan Kurikulum 2013

kurikulum 2013Penakita | MALANG – Sebanyak 29 sekolah negeri dan swasta di Kota Malang ditetapkan sebagai model penyelenggaraan Kurikulum 2013. Dari jumlah itu 25 sekolah negeri dan sisanya swasta di tingkat SD, SMP, dan SMA.

Informasi lain yang diperoleh PENAKITA.com menyebutkan, 20 sekolah itu terdiri dari 15 SD, tiga SMP Negeri (SMPN 1, SMPN 3, dan SMPN 5), dan dua SMP swasta, yaitu SMP Sabilillah dan SMP Darul Ulum Agung). Sedang di tingkat SMA, ada tujuh negeri (SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6, dan SMAN 8), serta dua swasta (SMAK Saint Albertus dan SMAK Kolese Santo Yusup).

Untuk tahap awal, Kurikulum 2013 diterapkan untuk kelas 1-4 SD, kelas VII SMP dan kelas X SMA. Satu hal yang membedakan di tingkat SMA adalah adanya penjurusan, seperti IPA, IPS, dan Bahasa.

Meski demikian, Dinas Pendidikan (Dikdik) Kota Malang menetapkan kurikulum baru itu dilaksanakan di seluruh sekolah di wilayah tersebut pada tahun ajaran baru 2013-2014 yang sudah dimulai Senin (15/7/2013). “Semua perangkat sekolah untuk mendukung penyelenggaraan kurikulum baru ini telah siap, jadi tidak ada alasan untuk tidak menerapkan pada tahun ajaran baru ini,” tegas Budiono, Kasi Kurikulum Dindik Kota Malang, Selasa (17/7/2013).

Ditambahkan pula, di luar sekolah yang sudah ditetapkan tersebut bisa menerapkan Kurikulum 2013 secara mandiri. Untuk itu, Dindik siap memberikan pelatihan kepada semua guru sekolah yang bakal menerapkan kurikulum baru itu.

Menurut Budiono, buku-buku terkait aplikasi Kurikulum 2013 juga sudah dibagikan ke semua sekolah di Kota Malang. “Kami juga telah berikan pelatihan pada para guru-guru juga,” tuturnya. sum