banner 468x60

Sekolah Swasta Diharap Proaktif Mencari Siswa Tidak Mampu

251 views
iklan

beasiswa2Penakita | SURABAYA – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya memastikan bakal memberi sanksi bagi sekolah swasta yang ‘nakal’ tidak mau menerima siswa tidak mampu. Pemberian sanksi ini bahkan pernah dilakukan Dindik Surabaya jauh sebelum ada Perda yang mengatur keharusan sekolah swasta menerapkan jalur mitra warga.

”Sebelum keluar perda, tiga tahun lalu kami pernah menutup izin usaha tiga sekolah swasta karena tidak mau menerima siswa miskin. Apalagi sekarang sudah ada perda yang mengatur tentang siswa miskin,” tegas Rudy Winarko, Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dindik Surabaya.

Lebih jauh, Rudy meminta sekolah tidak hanya menunggu pendaftar, tapi harus proaktif mencari siswa di lingkungannya yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk dimasukkan jalur mitra warga.

Sebagaimana diberitakan, DPRD Surabaya meminta Dindik bersikap tegas pada sekolah swasta yang keberatan menerapkan mitra warga. Pasalnya, sekolah swasta juga dibebani tanggung jawab memberlakukan sekolah gratis bagi siswa tidak mampu sebesar lima persen dari pagu sekolahnya.

Ketentuan itu berlaku bagi semua sekolah swasta dan tidak pandang bulu. “Semua sekolah sudah sepakat dan menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) yang berisi kesanggupan mereka untuk memasukkan siswa miskin di sekolahnya. Jadi bila ada sekolah swasta yang tidak mau, mereka harus diberikan teguran, peringatan tertulis hingga pemberhentian izin operasional,” kata Baktiono, Ketua Komisi D DPRD Surabaya.  ari

author