banner 468x60

Selangkah Lagi, Fingerprint Ada di Smartphone

495 views
iklan

fingerPenakita | SURABAYA – Meski saat ini teknologi fingerprint di smartphone layar sentuh masih sebatas aplikasi mainan, namun beberapa saat mendatang hal ini akan menjadi kenyataan. Sehingga perangkat smartphone nantinya  benar-benar menjadi barang personal yang diciptakan untuk setiap orang.

Bukan password angka atau huruf, kemungkinan saat membuka keamanan smartphone kita akan menggunakan motif garis pada jempol seseorang. Meski sudah sering digunakan untuk sistem keamanan dan alat identifikasi personal, namun teknologi fingerprint, sampai sekarang belum dijumpai di teknologi smartphone.

Wacana menggunakan teknologi ini untuk sistem keamanan datang dari Apple. Saat ini, vendor berbagai gadget revolusioner ini sedang mengembangkan teknologi layar sentuh yang kompatibel untuk sistem pembaca garis jari. Dikabarkan, teknologi ini masih dalam proses pengembangan dan sudah tahap akhir. Sehinga Apple bisa memperkenalkan teknologi ini di produk terbarunya.

Spekulasi tentang rencana Apple mengembangkan teknologi pengenalan sidik jari sudah mencuat ke publik pada musim panas lalu. Keyakinan itu didapat setelah Apple membeli AuthenTec, perusahaan keamanan biometrik, dengan harga 235 juta poundsterling, setara Rp 3,4 triliun.

Salah seorang analis dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo, menegaskan teknologi ini diperkirakan muncul pada produk terbaru Apple, iPhone 5S. “Saya berharap iPhone 5S akan memiliki chip sidik jari di bawah tombol Home. Itu untuk meningkatkan keamanan ponsel,” tuturnya.

Sementara itu, Vendor pesaing Apple, Samsung telah memiliki fitur Face Unlock di ponsel pintar Galaxy S3. Perusahaan asal Korea Selatan itu pun telah memperbaharui fitur itu pada Galaxy S4 yang baru saja dirilis. adi

author