banner 468x60

Semangat Belajar Kakek Sembilan Cucu Ini Patut Ditiru

401 views
iklan

unpk-ikaPenakita | SURABAYA – Semangat juang dan semangat belajar pria yang satu ini patut dicontoh oleh kawula muda. Dialah Suparto, pria berusia 70 tahun yang tak patah aral mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) paket A.

Baginya, usia lanjut tak menjadi penghambat untuk menggapai cita-cita. Sebagai satpam yang telah 16 tahun mengabdi di SMAN 18 Surabaya, melalui UNPK ini, Parto ingin sekali meningkatkan taraf hidupnya.

Kakek sembilan cucu ini sebenarnya merupakan tamatan Sekolah Rakyat (SR) di tahun 1957. Ia juga telah mengantongi ijazah setara SD. Sayang, nahas baginya, sebab ijazahnya turut terbakar bersama pabrik yang dulu menaunginya bekerja di Ploso Jombang.

“Ijazah saya terbakar. Jadi, ya harus ikut UNPK paket A ini. Karena diminta juga sama sekolahan tempat saya bekerja untuk mengurus kenaikan tunjangan dan gaji,” aku Parto kepada PENAKITA.com, Senin (6/5/2013).

Hal mengagumkan lainnya, kesadaran akan pendidikan pria yang satu ini sangatlah tinggi. Ia selalu memotivasi tujuh orang anaknya untuk dapat menempuh pendidikan setinggi mungkin, dan menjadi orang yang sukses. Kini, yang dilakukannya itu mulai menunjukkan hasil. Tak ada yang menyangka, ia mampu menyekolahkan ketujuh anaknya ke jenjang perguruan tinggi.

“Ketujuh anak saya ini pendidikannya sampai perguruan tinggi. Saya memang terus memotivasi mereka, dan saya juga tak mau kalah. Kalau ada umur, semoga tahun depan bisa ikut UNPK paket B dan C,” tandasnya.ika

author