banner 468x60

Semangka Jauhkan Seseorang dari Penyakit Jantung

485 views
iklan

semangka2Penakita | AMERIKA – Selain menyegarkan karena kandungan airnya, ternyata semangka mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Menurut penelitian, konsumsi hanya sepotong semangka setiap hari dapat jauhkan kita dari penyakit jantung dan segala komplikasinya.

Seperti dikutip dari Dailymail, penelitian di Amerika Serikat mengungkap, buah semangka diketahui dapat menurunkan produksi Low Density Lipoprotein. Bahan ini atau yang biasa disebut dengan LDL adalah kolesterol yang sering menyebabkan penyumbatan arteri. Hal ini yang pada akhirnya membuat seeorang mengalami berbagai masalah penyakit jantung.

Kolesterol adalah sejenis lemak yang diproduksi oleh hati yang sangat penting untuk membantu tubuh memproduksi hormon, menyerap vitamin D dan membuat empedu untuk mencerna makanan. Hal ini diangkut dalam darah dengan kecil ‘kurir’, yang disebut lipoprotein.

Hal ini bisa diatasi dengan peningkatan High-density lipoprotein, atau HDL (Kolesterol baik). Zat ini memiliki tugas mengangkut kembali kolesterol ke hati untuk dibuang. Dengan semangka produksi HDL juga dapat ditingkatkan sampai 50 persen.
Menurut peneliti, citrulline memiliki peran untuk mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah.

Penelitian terbaru ini telah diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry, menunjukkan jus semangka dapat membantu pasien berpenyakit jantung dan mereka yang ingin memiliki berat badan ideal. adi

author