banner 468x60

Sensor Gerak Ini Diklaim Bisa Hemat Energi

354 views
iklan

sensor gerak siswa SMPPenakita | SURABAYA – Jangan remehkan kemampuan anak SMP. Terbukti siswa SMP Sabilillah Malang ini mampu berkreasi dan menciptakan sensor deteksi gerakan manusia yang merangsang lampu menyala dan mati secara otomatis.

Perangkat sensor gerak yang diikutkan Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN), yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro, ITS di Gedung Robotika, Surabaya, pekan lalu ini terdiri dari pir pasif infra red, timer, dan relay.

Prosesnya, sensor pir dihubungkan ke lampu yang ada di ruangan. Ketika ada orang dalam ruangan, secara otomatis sensor yang mendeteksi adanya gerakan membuat lampu menyala. Sebaliknya, waktu tidak ada orang dalam ruangan, maka lampu pun otomatis padam.

Alat sensor gerak karya Nadira Ayu Safitri dan Jilan Namira Kusteja ini diakui mampu menghemat pemakaian listrik. “Khususnya di kamar mandi yang sering lupa dimatikan. Kalau ruangan itu kosong otomatis lampu mati, tapi langsung menyala saat ada orang masuk,” papar siswa kelas 2 ini sambil menunjukkan miniatur gedung sekolahnya yang sudah terpasang piranti buatannya.

Menurut Nadira, pembuatan sensor gerak itu memerlukan waktu 1,5 bulan. Bagi Nadira dan Jilan, pembuatan alat elektronik ini sama sekali bukan hal asing. Pasalnya mereka ikut ekstrakulikuler robotika di sekolahnya.  ari

author