banner 468x60

Sepeda Kardus, Murah dan Ramah Lingkungan

426 views
iklan

sepedaPenakita | ISRAEL – Sebuah produk sepeda modern ternyata tak harus berharga mahal. Seorang desainer amatir, memperkenalkan sebuah produk sepeda murah. Hal ini dikarenakan penggunaan bahan baku yang tak lazim, yakni kardus.

Umumnya sepeda dibuat dengan berbagai bahan metal, agar kendaraan ini mampu bertahan lama dan tak cepat rusak. Namun hal tersebut sepertinya tidak berlaku bagi Izhar Gafni, seorang desainer asal Israel yang memperkenalkan sebuah purwarupa produk sepeda berbahan dasar kardus bekas.

Berawal dari ide sederhana pemanfaatan limbah kardus di sekitar rumahnya, Izhar kemudian berusaha mengumpulkan benda-benda bekas ini untuk mendapat nilai ekonomis dengan penciptaan sebuah barang. Karena cinta bersepeda, ia lalu mendesain sebuah sepeda berbahan tak lazim ini. Jadilah sebuah perangkat transportasi yang nantinya menjadi produk sepeda termurah yang pernah ada.

Dikutip dari Mashable Izhar, menggunakan 90 persen bahan kardus berlapis dalam membuat kerangka sepeda. Kunci kekuatan desain dari produk sepeda Izhar adalah kerapatan proses perekatan antara satu bahan dengan bahan lain, sehingga didapat kekuatan yang dapat mengengkat beban orang dewasa.

Di luar kerangka, sepeda ini menggunakan rem, pedal dan ban seperti halnya sepeda konvensional. Jika diproduksi masal, menurut Izhar (50), sepeda ini hanya seharga kurang lebih £5 – £12 atau sekitar Rp 70.000 – Rp 168.000.

“Seperti Henry Ford yang membuat mobil tersedia untuk siapa pun, sepeda ini akan menjadi murah dan tersedia untuk setiap anak di dunia, termasuk anak-anak di Afrika yang berjalan puluhan kilometer ke sekolah setiap hari,” katanya.

Izhar dan mitra usahanya Nimrod Elmish memulai produksi sepeda sebelum akhir tahun 2012. Penemunya sudah merencanakan berbagai kreasi kardus yang lain, termasuk sepeda motor versi anak-anak dan bahkan kursi roda. adi

author