banner 468x60

Sewa Joki, Peserta UNPK Dipidana!

377 views
iklan

unpk-ikaPenakita | SURABAYA – Kabid Pendidikan Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa timur, Nasor menjelaskan, peserta ujian paket A akan mengerjakan lima mata pelajaran ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK). Yaitu, pendidikan kewarganegaraan (PKn), bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan matematika. Hal itu berbeda dengan SD yang jumlah mata pelajarannya hanya tiga, yaitu bahasa Indonesia, matematika, dan IPA.

Dia meminta agar semua peserta paket A mengerjakan soal ujian dengan baik dan mengikuti aturan yang ada. Jangan sampai ada perjokian seperti yang terjadi saat pelaksanaan ujian paket C. Nasor menyatakan, perjokian itu terjadi, karena peserta dan pihak penyelenggara kurang memahami aturan dengan baik.

Untuk menghindari kejadian itu, dia pun gencar melakukan sosialisasi. Dindik Jawa Timur bersama Kanwil Kemenag Jawa Timur sudah mengumpulkan dinas pendidikan dan kemenag kabupaten/kota untuk diberikan arahan. ”Dinas pendidikan dan kemenag kabupaten/kota sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan pesantren,” katanya kepada PENAKITA.com, Minggu (5/5/2013).

Jika masih ada kasus seperti itu lagi, maka polisi yang akan bertindak, karena perjokian termasuk ranah pidana. Namun, kata Nasor, dia yakin dengan gencarnya sosialisasi, kasus itu tidak terulang lagi. Para pengawas ruang juga akan menjelaskan aturan ujian sebelum ujian berlangsung.ika

author