banner 468x60

Siap-Siap Hadapi Ujian Kejar Paket Gelombang II

404 views
iklan

Ujian Paket-CPenakita | SURABAYA – Meski kelulusan siswa peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) gelombang pertama mengalami penurunan, ujian kejar paket C gelombang kedua yang dilaksanakan 1-3 Juli mendatang diyakini bakal lebih baik. Pasalnya, peserta UNPK gelombang pertama dinilai tidak siap.

Selain itu, paket soal yang sebelumnya hanya satu dan sekarang sampai 20 paket turut jadi penyebab merosotnya tingkat kelulusan siswa UNPK. “Jadi banyak faktor yang jadi penyebab turunnya tingkat kelulusan kali ini. Yang pasti secara psikologis peserta tidak siap,” beber Nasor, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal Dinas Pendidikan (PNFI Dindik) Jatim.

Menurut Nasor, hasil UNPK ini segera dikirimkan ke kabupaten/kota. Dia berharap dinas pendidikan kabupaten/kota segera membuat nominasi usulan calon peserta UNPK tahap kedua. ”Kami berharap mereka segera mengirimkan daftar yang tidak lulus berapa dan yang akan mengikuti ujian gelombang dua berapa sehingga bisa dipersiapkan mulai sekarang,” tuturnya.

Ditambahkan pula, UNPK gelombang dua selain akan diikuti peserta ujian paket pertama yang tidak lulus juga bisa diikuti peserta ujian formal yang tidak lulus. ”Dan biasanya banyak juga peserta kejar paket yang belum mengikuti ujian di tahap pertama karena program belajar mereka belum selesai,” ungkapnya.

Di ujian kejar paket gelombang kedua ini, peserta yang tidak lulus akan mengikuti ujian semua mata pelajaran. Meski demikain, hasil ujian sebelumnya tetap akan menjadi pertimbangan.

”Misalnya di ujian pertama nilainya bagus, tapi ujian kedua tidak bagus. Kami akan memakai nilai terbaiknya. Prinsipnya untuk lulus di  ujian gelombang kedua mata pelajaran yang tidak lulus harus bagus,” pungkas Nasor. ari

author