Sistem Komputer Log Out, Data Siswa Dijamin Tak Hilang

Siswa sedang konsentrasi mengerjakan soal Online

Siswa sedang konsentrasi mengerjakan soal Online

Penakita | SURABAYA – Ujian Nasional (Unas) berbasis komputer (computer base test/CBT) pada hari pertama (Senin, 13/4/2015) diwarnai insiden log out di komputer yang sedang digunakan siswa. Untung peristiwa yang terjadi di SMA Negeri 1 Surabaya itu bisa segera diatasi sehingga tidak mengganggu proses Unas.

Informasi yang diperoleh PENAKITA, tiga siswa di sekolah tersebut sempat panik ketika sistem komputernya log out. Padahal siswa itu hampir menyelesaikan pekerjaannya.

“15 menit mau selesai mengerjakan soal, ada tiga siswa yang mengalami kendala tiba-tiba logout. Kejadian itu langsung dilaporkan ke proktor dan teknisi sehingga bisa segera pindah ke komputer cadangan yang sudah disediakan di sisi belakang,” kata Johanes Mardijono, Kepala SMAN 1 Surabaya.

Menurut Mardijono, peristiwa itu tak sampai merugikan siswa karena segera bisa ditangani cepat. Ditekankan pula, kendala itu tidak mengurangi waktu dan hasil ujian mereka tidak hilang.

“Hal ini yang kami tekankan, perlunya komputer cadangan disetiap kelas. Agar bisa mengatasi hal-hal seperti ini,” tambah Johanes.

Peristiwa log out sistem komputer di SMAN 1 Surabaya ini tak lepas dari pantauan Dr Ikhsan SPsi MM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Senada dengan Mardijono, kejadian tersebut sudah diantisipasi panitia sehingga jika terjadi hal seperti ini para proktor dan teknisi langsung tanggap.

“Sebelumnya mereka menjalani tryout dan simulasi. Kejadian seperti ini menjadi antisipasi agar pengawas, proktor, dan teknisi harus segera tanggap. Begitu juga dengan siswanya, segera melapor jika terjadi masalah,” tegas Ikhsan.

Ditandaskan Ikhsan, meski sempat mengalami kendala, pelaksanaan Unas online ini tetap akan dilanjutkan. “Tak ada kendala berarti. Jadi tetap akan kami teruskan sistem Unas online ini,” cetusnya.