banner 468x60

Siswa Jurusan Perhotelan Ikut LKS di Sun Hotel

495 views
iklan
Peserta LKS tengah menjalani tugasnya di salah satu kamar Sun Hotel Sidoarjo, disaksikan para juri

Peserta LKS tengah menjalani tugasnya di salah satu kamar Sun Hotel Sidoarjo, disaksikan para juri

Penakita | SIDOARJO – Sebanyak 17 siswa Jurusan Perhotelan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jatim mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di Sun Hotel, Selasa (5/3). Dari jumlah itu, 10 siswa ikut di hari pertama (Selasa, 5/3/2013), dan yang tujuh orang di hari kedua (Rabu, 6/3/2013).

Selama LKS mereka dipantau dan dinilai oleh tiga juri yaitu dari Hotel Inna Simpang, Hotel Majapahit, dan Hotel Sheraton. Meski sebelumnya sudah mendapat bekal teori cukup, namun terbukti tidak semua bisa menjalankan tugasnya membenahi kamar Sun Hotel dengan trampil dan cekatan.

Sebagian besar malah terlihat grogi dan kebingungan saat memulai pekerjaannya. Tingkat stres peserta LKS kian tinggi karena mereka diberi batas waktu untuk melakukan tugasnya.

“Mereka diberi waktu 35 menit, dari saat persiapan sampai selesai dan meninggalkan kamar,” kata Arifin Hadi Kurniawan, juri dari Hotel Majapahit.

Siswa yang gelisah dan bingung ketika menjalani LKS, menurut Widodo, dipastikan kurang berlatih selama di sekolahnya. “Pelatihan di sekolah pun harusnya selalu diawasi oleh guru secara terus menerus untuk mengoreksi jika ada yang salah atau kurang sempurna,” imbuhnya.

“Dari sini kelihatan kesiapan mereka masuk dunia kerja seperti apa nantinya. Teori saja tidaklah cukup,” cetus H Widodo Abdullah, salah seorang juri dari Hotel Inna Simpang. LKS 2013 yang diselenggaralkan Dinas Pendidikan Jatim, diikuti 1.065 ribu siswa dari ratusan SMK di seluruh Jawa Timur. dde

author