Siswa Kota Malang Bisa Akses Soal Latihan Unas di Sini

walikota malang_abah anomPenakita | MALANG – Wali Kota Malang, Moch Anton memberi kesempatan para siswa mengakses soal-soal latihan ujian nasional (Unas) di Pusat Sumber Belajar Digital (PSBD) dan Pusat Pengembangan Media Belajar Interaktif (PPMBI) Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang.

Menurut pria yang akrab disapa Abah Anton ini, PSBD dan PPMBI yang baru diresmikan tersebut merupakan sarana pendidikan digital Kota Malang yang bisa diakses siapa saja, termasuk guru, siswa, hingga masyarakat.

Bank soal dari Kelompok Kerja Guru (KKG) SD dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kota Malang akan dimasukan pada data base PSBD dan PPMB ini. “Bisa diakses siapa saja dengan mengunjungi website Dindik Kota Malang,” imbuh Djupri, Sekretaris Dindik Kota Malang.

Namun, lanjut Djupri, tujuan utama pendirian PSBD dan PPMBI ini agar guru-guru di KKG, MGMP, hingga guru-guru umum lainnya mengembangkan modul media pembelajaran berbasis IT. Diakui Djupri, selama ini pembuatan media pembelajaran bagi para guru ini hanya dilakukan secara internal sekolah.

“Tapi nanti sekolah mana saja bisa memakai media pembelajaran berbasis IT di SMA Tugu, misalnya. Intinya PSBD dan PPMBI ini selain pengembangan diri guru juga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sekolah-sekolah, terutama yang ada di daerah pinggiran,” ungkapnya.

Ditambahkan pula, sudah 90 persen lebih para guru Kota Malang tidak asing dengan IT. Terutama untuk guru yang sudah mendapat tunjangan sertifikasi, karena ada imbauan 10 persen tunjangan untuk pengembangan diri.

Para siswa di Kota Malang pun telah terbiasa mendapatkan materi dalam bentuk media pembelajaran digital. “Diharapan agar guru-guru makin kreatif dan para siswa makin kompetitif,” cetusnya. sum