banner 468x60

Siswa SMA Ini Ciptakan Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan

484 views
iklan

SMA 2_MadiunPenakita | MADIUN – Sumber energi yang terus menyusut memacu manusia untuk berkreasi dan menciptakan alternatif energi baru. Selain itu, tantangan lain adalah menciptakan perangkat yang bebas polusi.

Pasalnya pembangkit listrik konvensional yang banyak beroperasi saat ini masih memakai bahan bakar fosil yang otomatis emisi gas buangnya potensial mencemarkan udara. Fenomena itulah yang memicu Rony, murid kelas 2 SMA Negeri 2 Madiun menciptakan perangkat yang diklaim efisien dan bebas polutan.

Alat yang diciptakan Rony meskipun sederhana tapi bisa menghasilkan aliran listrik yang mampu menghidupkan lampu-lampu kecil. “Semua perangkat disini dari daur ulang, turbin penggeraknya dari magnet. Otomatis tidak perlu bahan bakar fosil,” papar Rony.

Selain efisien dan bebas polusi, teknologi karya Rony tersebut juga diklaim murah karena minim perawatan. “turbinnya juga lebih awet karena penggerak kincirnya pakai magnet, kalau biasanya kan pakai gear. Intinya mesin ini adalah untuk efisiensi,” katanya.

Karena memakai bahan daur ulang, menurut Rony, alat ciptaannya itu jadi lebih ramah lingkungan dibanding pembangkit listrik yang pernah dimiliki Indonesia. Riset yang dilakukan kurang lebih 6 bulan ini, diyakini Rony bisa jadi alternatif energi di masa depan.

Namun, menurut Rony, dia masih perlu memperbaiki kinerja pembangkit listrik ciptaannya itu sehingga bisa menghasilkan daya yang lebih besar dan dapat bermanfaat bagi Indonesia. sum

author