banner 468x60

Siswi Ini Sakit DB Sehingga Tak Bisa Ikut UN Utama

345 views
iklan

UN SakitPenakita | SURABAYA – Wabah demam berdarah (DB) yang makin meluas belakangan ini rupanya berpengaruh terhadap pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2013 di Surabaya. Sejumlah siswa jenjang SMA/SMK Surabaya tumbang, sehingga tak dapat mengikuti UN pada 15 April 2013 lalu.

Sebanyak 20 siswa, yakni 11 siswa asal SMA dan sembilan siswa asal SMK terdata bakal mengikuti UN susulan dalam minggu ini. “Di SMAN 1, SMA Cita Hati, SMAN 4, SMAN 10, SMA Petra 5, SMAN 18, SMA Terbuka 19, SMA Wachid Hasyim, SMA Khadijah, SMA Gloria 2, dan SMA Muhammadiyah 2 masing-masing ada satu. Untuk jenjang SMK, yaitu SMK Wiramaritim, SMA Berdikari 1, SMKN 5, SMK Cendikia Utama, SMK Binahusada, SMK Satya Widia, SMKN 6, SMK Yesta, dan SMK Bubutan juga sama masing-masing ada satu,” papar Nur Hasan kepada PENAKITA.com, Senin (22/4/2013).

Kepala SMAN 1 Surabaya, Nur Hasan mengatakan, hampir semua peserta UN susulan ini mengaku penyebab utama mereka tak mengikuti UN utama karena sakit DB. Seperti yang dialami seorang siswa asal SMAN 10 Surabaya, Ilham.

“Hari pertama saya tidak bisa ikut ujian. Baru hari kedua hingga selesai hari keempat saya ikut ujian. Pada hari pertama itu badan saya masih lemas, karena masih dalam masa pemulihan sakit DB,” tutur Ilham.

Hal serupa juga dialami Marietta Hasita, asal SMA Petra 5 Surabaya. Siswa yang satu ini tidak mengikuti UN pada hari pertama dan kedua, karena sakit DB. Bahkan, ketika mengikuti UN, Senin (22/4/2013) pagi tadi, Marietta masih terlihat lemas, dan didampingi kedua orangtuanya.

“Nanti saya akan ikut UN susulan lagi pada hari keempat. Puji syukur, tadi saya dapat mengerjakan soal dengan baik,” tandasnya.ika

author