banner 468x60

Smartphones Pemicu Seks Bebas Remaja

432 views
iklan

Penakita | LOS ANGELES – Sebuah studi baru-baru ini mengungkap hasil yang mencengangkan. Smartphone yang kini populer jadi ‘mainan’ anak dan remaja, ternyata dapat berpengaruh buruk secara signifikan, yakni dapat memperkenalkan ‘seks’ lebih cepat pada mereka.

Hasil temuan ini didapat dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika ini mengingatkan, remaja dengan smartphone akan memiliki pengalaman seks lebih banyak ketimbang mereka yang tidak. Seperti dikutip dari laman Dailymail, hal ini dikarenakan, secara sadar atau tidak mereka belajar hal ini dari internet. Lebih parahnya, pengalaman di internet sering membawa mereka pada perkenalan maya yang berujung pada aktivitas seksual.

Penelitian ini melibatkan sekitar 1.840 siswa SMA di Los Angeles Unified School yang disurvei pada tahun ajaran 2010 hingga 2011, dengan 17 persen diantaranya mengaku pernah mengakses aktivitas seks online. Serta sebanyak 5 persen remaja mengatakan mereka menggunakan internet untuk mencari pasangan seks.

Dalam penelitian terungkap, remaja ber-smartphone sering mengakses internet dua kali lebih mungkin melakukan aktivitas seksual. Studi ini dilakukan oleh tim dari dari University of Southern California, dan penelitian ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan Asosiasi Kesehatan Masyarakat di Amerika.

Peneliti Eric Rice, dari universitas School of Social Work, mengatakan, sementara smartphone tidak langsung menyebabkan remaja untuk terlibat dalam potensi perilaku seksual beresiko, namun mereka membuatnya lebih mudah untuk melakukannya.

“Ini adalah alat yang memungkinkan perilaku semacam ini bisa terjadi,” kata Mr Rice.

Rice mengatakan program pendidikan seks seharusnya dapat dimulai untuk memasukkan sejak dini guna mengurangi resiko remaja mencari informasi seks via online. Selain itu, orangtua harus sering membuka diskusi dengan anak remaja mereka tentang kesehatan seksual dan penggunaan teknologi. “Saya tidak ingin orang tua panik,” tutur Rice.  adi

author