banner 468x60

Soal Tes Potensi Akademik Bisa Dipelajari di Website Ini

455 views
iklan

ujian-nasionalPenakita | SURABAYA – Syarat lain yang tak kalah penting bagi peminat sekolah kawasan adalah harus memiliki nilai rata-rata ujian nasional (UN) 8,5. Namun dengan berlakunya 60 persen hasil TPA sebagai penentu justru membantu siswa-siswa SMP yang berada dalam sekolah kawasan rendah.

Jika memiliki kemampuan berpikir dan potensinya bagus, maka bisa menjadi pendorong diterimanya di sekolah eks RSBI tersebut.

Dr Seger Handoko, Dekan Fakultas Psikologi Unair Surabaya mengingatkan agar calon siswa tak perlu khawatir menghadapi tes yang dilakukan pada 22 Juli (untuk SMP) dan 23 Juli (untuk SMA) tersebut. Apalagi, soal-soal yang diujikan nantinya bisa dipelajari di website www.ppdbsurabaya.net.

“Di dalam contoh soal tersebut, akan ada 3 jenis soal, yakni mengenai kemampuan verbal, numerikal dan figural atau gambar,” kata Seger Handoko.

Tes kemampuan verbal yakni menyelesaikan soal tentang pemahaman bacaan, analogi verbal, melengkapi kalimat, dan klasifikasi verbal. Untuk tes kemampuan numerikal atau tes dengan menggunakan angka yaitu analogi bilangan, deret bilangan, dan teka-teki bilangan. Sedangkan tes kemampuan figural atau dengan menggunakan gambar yaitu mengklasifikasikan gambar, analisa gambar, dan matriks gambar. ari

author