banner 468x60

Soal Ujian Nasional Diminta Dicetak di Daerah

382 views
iklan
Kepala Dindik Jatim, Harun

Kepala Dindik Jatim, Harun

Penakita | SURABAYA – Adanya ketentuan penggabungan soal dan lembar jawaban ujian nasional (LJUN) menimbulkan desakan agar pencetakan soal ujian nasional (unas) dilakukan di Jatim. Desakan ini mengemuka saat sosialisasi unas yang digelar Dinas Pendidikan Jatim di Hotel Utami, Juanda, Kamis (14/2/2013).

Sejumlah perwakilan dinas pendidikan kabupaten/kota seperti Kabupaten Blitar menyarankan agar Kemendikbud hanya memberikan master soal saja ke pemprov untuk dicetak di daerah. “Saya tidak bisa membayangkan pada unas tahun lalu yang paket soalnya hanya ada lima saja banyak yang rusak. Bagaimana kalau paket soalnya sampai 20 nanti. Kami khawatir yang rusak lebih banyak dibandingkan sebelumnya,” katanya.

Mendengar desakan itu, anggota Badan Standarisasi Nasional Pendidikan Djemari Mardapi yang hadir di sosialisasi tidak bisa memutuskan. Djemari hanya berjanji akan menyampaikan masalah ini ke Kemendikbud.

“Terus terang BSNP tidak memiliki anggaran. Yang punya balitbang, jadi kami akan menyampaikan aspirasi ini ke sana,” ujar Djemari.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun berharap pemerintah pusat melihat opini yang berkembang yang meminta soal unas di cetak sendiri. “Tadi pak Djemari berjanji akan menyampaikan ini ke pusat, semoga disetujui,”harapnya.

author