banner 468x60

Soal Ujian Nasional SD Belum Dicetak

457 views
iklan

ujianPenakita | SURABAYA – Masalah pencetakan soal-soal ujian nasional (UN) tingkat SMP, SMA/SMK sudah terselesaikan. Bahkan materinya sudah mulai dicetak.

Sebaliknya soal-soal UN tingkat Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah dan SD Luar Biasa (SDLB) ternyata malah belum disusun. Pasalnya, hingga kini Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) belum mengirimkan format soalnya ke Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim.

Soal dari BSNP ini nantinya digabung dengan soal-soal yang disusun tim dari Dindik Jatim. Kepala Bidang TK,SD dan Pendidikan Khusus, Dindik Jatim, Nuryanto mengungkapkan, presentasi soal-soal dari tim propinsi sebesar 75 persen, sedang dari BSNP 25 persen.

Meski hanya 25 persen, master soal dari BSNP tetap penting karena itu hingga kini pihaknya belum bisa melakukan penyusunan soal sampai soal-soal BSNP turun. “Semoga dari BSNP bisa segera turun sehingga minggu depan kami sudah bisa menyusun soalnya,” kata Nuryanto.

Ditambahkan pula, khusus untuk membuat soal-soal dari propinsi, pihaknya telah menunjuk tiga orang perwakilan masing-masing kabupaten/kota yang terdiri dari guru matematika, bahasa indonesia dan IPA. ari

author